Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pentingkah Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala? Simak Lebih Lanjut

Gaya Hidup | Wednesday, 24 May 2023, 15:54 WIB
https://www.herminahospitals.com

Sebenarnya apa sih definisi kesehatan itu? Kesehatan menurut Undang-Undang Republik Indonesia no. 36 tahun 2009 adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Menurut WHO, kesehatan adalah kondisi dinamis meliputi kesehatan jasmani, rohani, sosial, dan tidak hanya terbebas dari penyakit, cacat, dan kelemahan. Dikatakan sehat secara fisik adalah orang tersebut tidak memiliki gangguan apapun secara klinis dan organ tubuhnya berfungsi secara baik.

Menurut Mahatma Gandhi “Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak”, yang dapat diartikan bahwa kesehatan merupakan dasar dari apa yang kita lakukan untuk mendapatkan impian kita, tanpa adanya kesehatan tubuh tentunya usaha kita dalam mendapatkan apa pun itu tidak akan berhasil.

Masih banyak dari masyarakat Indonesia yang meremehkan dan tidak melakukan pemeriksaan kesehatan meskipun kondisi tubuhnya tidak merasa sakit. Kemungkinan hal tersebut dapat terjadi karena rasa malas yang timbul dengan beberapa alasan seperti fasilitas pelayanan kesehatan yang jauh atau tidak terjangkaunya biaya pemeriksaan dan pengobatan. Memang dapat dilihat bahwa banyak dari masyarakat yang berkecukupan saja yang melakukan pemeriksaan kesehatan berkala.

Jadi, seberapa pentingnya sih melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala? Jawabannya adalah sangat penting. Alasan dari pentingnya melakukan hal tersebut adalah dapat mendeteksi bibit penyakit yang ada di dalam tubuh dan dapat mencegahnya sebelum menjadi penyakit yang lebih serius.

Contohnya seseorang yang secara tiba-tiba didiagnosis terkena penyakit kanker stadium akhir, hal tersebut dapat terjadi apabila orang tersebut meremehkan pemeriksaan kesehatan secara berkala dan juga meremehkan sakit yang selalu dirasakannya, misal perut kembung yang dianggap sebagai sakit biasa tetapi ternyata merupakan penyakit kanker pankreas. Masih banyak kasus yang terjadi karena tidak pernah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, seperti tiba-tiba seseorang meninggal disaat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa diketahui penyebabnya.

Website dari rsdurensawit.jakarta.go.id menjelaskan bahwa “Lakukan cek kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali. Ada beberapa penyakit tidak menular yang bisa diminimalisir risikonya bila diketahui sejak dini seperti : penyakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke dan beberapa jenis kanker.” Oleh karena itu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar sudah seharusnya kita memeriksakan kesehatan di layanan kesehatan terdekat secara berkala supaya dapat mendeteksi penyakit lebih dini dan mencegahnya menjadi lebih parah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image