Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Butuh Keterampilan Membuat CV dan Wawancara

Edukasi | Wednesday, 24 May 2023, 07:48 WIB
Pelatihan pembuatan CV dan wawancara oleh HMPS Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Curriculum vitae (CV) dan surat lamaran kerja adalah elemen penting dalam melamar pekerjaan. Sebuah CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan pelamar mendapatkan pekerjaan idaman. Tak hanya itu, wawancara kerja juga menjadi tahapan penting untuk menentukan keberhasilan karier.

Oleh sebab itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan (HMPS) Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Pelatihan CV dan Wawancara pada Sabtu, 13 Mei 2023 secara daring melalui platform Zoom Meeting dan ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi Pendidikan Fisika UAD.

Mengusung tema “Membangun Kreativitas dan Kualitas sebagai Bekal di Dunia Kerja”, Ketua Pelaksana Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan ini yaitu agar mahasiswa paham cara menyusun CV dan surat lamaran kerja yang baik dan benar, serta sebagai wadah mahasiswa untuk berlatih wawancara kerja.

“Pada pelatihan ini terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama, mahasiswa dibelikan materi tentang wawancara, dan sesi kedua, mahasiswa diberikan materi pelatihan CV,” paparnya. Ia juga mengaku, para peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat interaktif dengan pemateri. “Contohnya pada saat sesi tanya jawab dibuka, banyak sekali peserta yang ingin bertanya.”

Acara tersebut menghadirkan langsung Founder and CEO HTT.ID, Lovandri Dwanda Putra M.Pd. Ia secara gamblang membahas terkait CV yang baik dan benar, efektif, hingga menarik. Hadir pula dosen Psikologi UAD Dian Fithriwati Darusmin, M.A., Psikolog yang memaparkan materi terkait wawancara kerja.

Sri berharap dengan diadakannya pelatihan ini, para peserta dapat makin mantap dalam menyusun CV dan wawancara kerja sehingga dapat membantu membidik peluang untuk bekerja di perusahaan maupun instansi yang mereka inginkan. (eka)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image