Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dyto rizalsyah

Isu Konser yang Memberi Harapan Palsu

Gaya Hidup | Tuesday, 23 May 2023, 20:24 WIB

Konser musik adalah acara yang sangat dinantikan oleh para penggemar musik. Sejak kembalinya industri hiburan khususnya dunia per konser an setelah beberapa tahun belakang vacum karena pandemi. Beberapa instansi bersaing untuk membuat konser yang cukup meriah dengan janji akan menampilkan guest star yang terkenal dengan harga jual yang murah. Respon masa tentang banyaknya konser yang digelar pun sangat antusias, dari konser yang menampilkan musisi dalam negri hingga luar negri.

Namun, tak sedikit akhir akhir ini tersebar isu konser yang gagal digelar. Bagi para penggemar yang telah membeli tiket, kegagalan tersebut tentu sangat mengecewakan. Beberapa alasan yang diberikan kepada pihak promotor Antara lain

1. Keberhasilan sebuah konser seringkali bergantung pada kelancaran dan keandalan infrastruktur teknis seperti sistem suara, pencahayaan, panggung, dan peralatan lainnya. Jika terjadi kegagalan atau masalah teknis yang serius, konser dapat terpaksa dibatalkan atau mengalami penundaan yang tidak dapat diatasi secara cepat.

2. Kurangnya dukungan keuangan: Menggelar sebuah konser membutuhkan biaya yang signifikan untuk menyewa tempat, membayar para musisi, kru, peralatan, promosi, dan biaya operasional lainnya. Jika tidak ada dukungan keuangan yang memadai, penyelenggara konser mungkin tidak mampu memenuhi kebutuhan finansial yang diperlukan untuk melaksanakan konser tersebut.

3. Kendala izin dan peraturan: Konser yang besar sering kali memerlukan izin dan persetujuan dari otoritas lokal dan badan pengatur terkait. Jika ada masalah dalam mendapatkan izin yang diperlukan atau jika konser melanggar peraturan yang berlaku, konser dapat dibatalkan atau ditunda.

4. Kehadiran yang rendah: Kesuksesan sebuah konser juga tergantung pada tingkat minat dan partisipasi masyarakat. Jika penjualan tiket rendah atau jika minat masyarakat terhadap acara tersebut rendah, penyelenggara konser mungkin memutuskan untuk membatalkan konser demi menghindari kerugian finansial yang lebih besar.

5. Peristiwa tak terduga: Terkadang, ada peristiwa tak terduga seperti bencana alam, kerusuhan, masalah kesehatan, atau kejadian lain di mana keamanan dan kesejahteraan peserta konser menjadi prioritas utama. Dalam situasi-situasi tersebut, konser dapat dibatalkan atau ditunda demi keamanan semua pihak yang terlibat.

Dalam beberapa kasus, beberapa faktor di atas dapat saling berhubungan dan menyebabkan konser gagal digelar. Penting bagi penyelenggara konser untuk merencanakan dengan baik, mengelola risiko, dan memiliki solusi cadangan untuk menghadapi kemungkinan masalah yang mungkin muncul agar konser dapat berjalan dengan sukses.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image