Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hofur Suhada

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Seribu Profesi

Lainnnya | Tuesday, 23 May 2023, 18:30 WIB
Mahasiswa/mahasiswi Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga angkatan 2022

Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan adalah jurusan yang berada di Universitas Airlangga dan masuk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan seringkali dianggap sebagai jurusan yang tidak krusial di masa depan. Bahkan dianggap tidak akan bertahan hingga di masa depan karena tergantikan oleh teknologi. Banyak orang mengira bahwa lulusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan hanya akan menjadi seorang pustakawan. Tetapi apakah pernyataan tersebut dibenarkan? Atau jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan sangat dibutuhkan di masa depan? Apakah berbagai macam profesi penting adalah buah dari mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan?

Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan mempelajari berbagai aspek perkembangan teknologi seperti sistem informasi, database, multimedia, dan masih banyak lagi. Di jurusan ini akan sering mempelajari seputar metadata secara langsung maupun online. Mahasiswa yang berada di jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan memiliki kemampuan manajerial yang kompeten. Selain itu, Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan juga memiliki analasis paling tajam diantara jurusan lainnya. Hal itu didasari oleh mata kuliah di jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan yang memang bergelut di bidang analisis data.

Kemampuan Khusus

Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan juga memiliki kemampuan berpikir sistematis, kemampuan problem solving yang terperinci, serta memiliki kemampuan tekun, teliti, dan detail dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Semua kemampuan itu dipelajari pada setiap mata kuliah di Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Lantas apakah pertanyaan tentang profesi jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan hanya menjadi seorang pustakawan saja terjawab? Lulusan dari jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan memang hanya bergelut pada bidang instansi dan dokumen informasi, tetapi bisa menjadi profesi selain pustakawan. Lulusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) dapat menjadi tenaga ahli bidang manajemen arsip, pengelola administrasi, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tata Usaha (Admin), System Analyst, Penulis (Content Writer), Data Scientist, Market Research, dan masih banyak lagi.

Mata kuliah di IIP juga sangat jarang diberikan pada jurusan lain, bahkan bisa dibilang hanya ada di jurusan IIP. Teknik pengolahan data paling sederhana hingga paling rumit ada di jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Oleh sebab itu, dalam hal menganalisis informasi maupun data, mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan dapat diandalkan. Meskipun hanya dibicarakan bahwa jurusan IIP berhenti untuk menjadi pustakawan saja, di masa depan orang yang ahli dalam mengendalikan teknologi juga salah satunya adalah seorang pustakawan.

Prospek Kerja

Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan memiliki prospek kerja yang tinggi namun sayangnya jarang diminati. Mengapa begitu? Sebab masih banyak orang beranggapan bahwa jurusan ini hanya menggeluti bidang perpustakaan, tanpa menyadari bahwa bidang teknologi informasi yang akan dibutuhkan di masa depan menjadi mata kuliah utama pada jurusan ini. Profesi apapun yang masih menjalin erat teknologi informasi bisa menjadi prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Cukup sampai disini saja narasi bahwa lulusan IIP hanya akan menjadi seorang pustakawan. Tetapi lulusan IIP dapat menjadi profesi penting yang paling dibutuhkan di masa depan demi mengikuti perkembangan zaman.

Jadi, jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan sudah dapat dipastikan menghasilkan generasi-generasi berkualitas pada jajaran profesi penting di masa depan. Semua jurusan itu baik tergantung pada pembelajaran apa yang mereka tekuni. Tentu saja semua profesi itu juga baik, sebab keahlian seseorang sangat beragam dan tentunya menghasilkan sebuah profesi yang sangat membantu dalam masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image