Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamad Akbar syah

8 Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW yang Dapat Diteladani

Gaya Hidup | Tuesday, 23 May 2023, 11:45 WIB

Berikut ini adalah berapa gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dapat dicoba untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari:

Ilustrasi kehidupan sehat (sumber: https://unsplash.com/)

1. Mengonsumsi Makanan Halal dan Bergizi

Gaya hidup sehat yang pertama ini menjadi yang utama dan wajb untuk diikuti. Selama hidupnya, beliau selalu mematuhi dasar hukum Islam untuk tidak memakan makanan haram. Sebab jika Allah SWT sudah memberi larangan, sudah pasti hal itu tidak baik untuk tubuh. Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah," (Al-Baqarah Ayat 172).

2. Mengonsumsi Madu dan Kurma

Madu dan Kurma adalah makanan yang bergizi dan mempunyai banyak sekali manfaat. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwa, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir,” (HR Bukhari dan Muslim).

Salah satu kebiasaan Rasulullah SAW yaitu mengonsumsi segelas air putih yang dicampur dengan madu ketika sarapan di pagi hari. Salah satu manfaat madu yang dijelaskan dalam sebuah penelitian adalah bahwa rutin mengonsumsi madu dapat terhindari dari risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, dan lainnya.

3. Selalu Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan

Gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW berikutnya adalah mencuci tangan. Beliau adalah seseorang yang selalu menyempurnakan wudhunya. Beliau mencuci tangannya sampai ke sela-sela hingga bersih. Oleh karenanya tidak heran jika Nabi tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut, walaupun makan dengan menggunakan tangan.

4. Baca Doa Sebelum dan Sesudah Makan serta Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah SAW selalu membaca doa sebelum dan sesudah makan. Ini menjadi tips hidup sehat ala Rasulullah SAW karena tujuannya agar makanan yang dikonsumsi menjadi berkah, bisa menjadi obat, dan membuat seseorang menjadi tidak rakus.

Terkait penggunaan tangan kanan jika dikaji secara medis, makan dengan tangan kiri memang tidak bagus karena tangan kiri sering digunakan untuk mencuci area intim. Sehingga kemungkinan bakteri bisa bersarang di dalam jari.

Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri,” (HR Muslim).

5. Makan saat Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang menjadi tips hidup sehat ala Rasulullah SAW. Hal ini juga diterangkan oleh Allah SWT dalam firman:

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya: "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan," (Al-A’raf Ayat 31).

6. Tidur Malam yang Cukup

Rasulullah SAW biasanya tidur sekitar pukul 21.00 atau setelah sholat isya’, kemudian beliau bangun di sepertiga malam terakhir, untuk melaksanakan salat tahajud. Ini berarti, beliau hanya tidur kurang lebih 5-6 jam sehari.

Ketika tidur, Rasulullah SAW mengambil posisi miring ke kanan, dan meletakkan tangan beliau tepat di bawah pipi.

Menurut Suciana Mukhtar, Pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), maksud meletakkan tangan di bawah pipi adalah supaya memposisikan kepala lebih tinggi daripada lambung.

7. Berolahraga

Salah satu gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yakni dengan berolahraga. Menurut riwayat hadis, Beliau memiliki tubuh bugar dan apabila berjalan langkahnya juga cepat. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata:

“Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

8. Berpuasa

Tips hidup sehat ala Rasulullah juga dilakukan dengan cara berpuasa. Ini sudah dibuktikan di beberapa penelitian baik lokal maupun internasional bahwa puasa itu baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat puasa adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, mengoptimalkan pengeluaran racun tubuh, memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan menyehatkan organ-organ vital.

Selain itu, puasa juga wajib agar manusia bertakwa menurut Surah al-Baqarah. Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (Al-Baqarah Ayat 183).

Demikian gaya hidup sehat ala Rasulullah, Nabi Muhammad SAW. Semoga kita sebagai umat muslim bisa meneladani dan mengamalkannya.

Muhamad Akbar Syah, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image