Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Oriza Aldia Rachman

Mengapa Sih Gen Z Mudah Merasa Insecure?

Eduaksi | Tuesday, 23 May 2023, 00:34 WIB
Cr : Pinterest

Gen Z sering disebut sebagai generasi yang lahir pada antara tahun 1997 hingga tahun 2012. Gen Z banyak menjadi perbincangan pada saat ini karena di rasakan banyak yang mengalami rasa tidak percaya diri atau yang sering disebut dengan istilah insecure, insecure sendiri di rasa tidak baik untuk kesehatan mental apabila di rasakan secara berlebihan.

Apa sih Insecure itu? Insecure kerap disebut sebagai rasa tidak percaya diri. Insecure sendiri sebenarnya mencakup atas banyak objek, bisa berupa merasa insecure atas fisik, kemampuan pada diri sendiri, kecerdasan, pekerjaan, keahlian dan segala sesuatu yang dianggap kurang daripada orang lain. Perasaan seperti itu sering membuat diri merasa galau, cemas dan stress. Merasa terus kurang atas kemampuan dan segala sesuatu yang sudah di capai atau merasa tidak layak untuk merasakan dan mendapatkannya.

Mengapa Gen Z dapat dikatakan mudah merasakan insecure? Gen Z di rasa sering mendapatkan banyak pengalaman pada saat ini, sehingga ketika meraka merasakan suatu kegagalan atau merasa tidak dapat menyelesaikan dan mendapatkannya, mereka akan merasa insecure dengan kemampuan yang mereka miliki dan merasa tidak layak untuk mengerjakannya. Terdapat survei pada tahun 2017 oleh Universum, menunjukkan bahwasanya 33% dari Gen Z mengatakan bahwa mereka merasa insecure untuk memimpin. Dapat di lihat pada kalangan Gen Z saat ini, ketika ada suatu tawaran siapa yang ingin memimpin suatu hal, maka meraka tidak ada keberanian untuk mengajukan dirinya, Bahkan banyak dari kalangan mereka yang menunjuk dan menawarkan teman sebaya nya untuk memimpin. Atau ketika tidak ada yang mengajukan diri seorang pun, maka terpaksa akan ditunjuk untuk memimpin.

Apa sih Penyebab Insecure?

Dilansir dari website halodoc.com bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sering merasa insecure. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebabnya :

 

  • Pengalaman traumatiska
  • Pola asuh yang tidak tepat
  • Sifat perfeksionis

Bagaimana Sih Cara Mengatasi Rasa Insecure?

Dilansir dari website hallosehat.com ada beberapa tips untuk mengatasi rasa insecure yang sering muncul, berikut beberapa tips yang dapat di coba dan diterapkan untuk mengatasi rasa insecure tersebut :

 

  • Berhenti menyalahkan diri sendiri
  • Lakukan hal-hal yang di senangi
  • Bicaralah dengan orang-orang terdekat
  • Berilah penghargaan untuk diri sendiri
  • Beranikan diri untuk bersosialisasi dengan orang baru

Simak juga video berikut "5 Cara Mengatasi Rasa Insecure"

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image