Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Varis Farhan

Enam Puluh Tiga Tahun PMII Berkiprah

Pendidikan dan Literasi | Monday, 22 May 2023, 16:59 WIB
photo Pribadi.

Sudah enam puluh tiga tahun silam lahirlah sebuah organisasi dari Rahimnya para ulama`, yaitu Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia yang kerap disebut dengan (PMII). Yang mana organisasi ini merupakan salah satu wadah bagi para Mahasiswa yang berada di ranah kampus, bagi yang ingin bergelut di bidang keintelektualan secara akademis, praktis, maupun secara politis. Dan organisasi ini mungkin sangat relevan untuk digeluti oleh aktivis-aktivis mahasiswa terutama bagi kalangan Nahdliyin, bagi yang ingin mengembangkan minat dan bakat mereka.

Pergerakan mahasiswa islam Indonesia atau yang biasa di sebut dengan PMII, adalah organisasi kemahasiswaan yang extra yang didirikan pada tanggal 17 april 1960 Masehi di Surabaya. Yang mana para pendirinya adalah Aktivis-aktivis Mahasiswa dari kalangan Nahdlatul Ulama` dari berbagai daerah. Dan tentunya organisasi ini sudah tidak bisa di ragukan lagi kehadirannya, sebab dilihat dari para pendirinya saja yang merupakan salah satu aktivis-aktivis mahasiswa yang berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama`.

Adapun tujuan terbentuknya organisasi ini ialah membentuk pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah swt, berbudi luhur, berilmu, cakap, dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Kalau kita melihat dengan teliti tujuan terbentuknya organisasi ini, kita bisa mengambil kesimpulan dari tujuan ini. Bahwasanya ada dua point yang patut kita garis bawahi, yaitu keislaman dan kenegaraan.

Melihat dari dua point tersebut penulis akan mengulas sedikit satu persatu maksud dan tujuannya dari organisasi ini:

1. Keislaman merupakan jati diri organisasi yang mana organisasi ini membawa ajaran-jaran islami dan keislaman yang selau memberikan inovasi-inovasi baru demi mewujudkan sifat-sifat toleran dan moderat.

2. Adapun kenegaraan ialah organisasi ini selalu memperjuangkan hak-hak kebangsaan dan kenegaraan secara demokratis, dan dibangun melalui kebersamaan demi mewujudkan cita-cita bangsa. Dan selalu memberikan hal-hal yang positif untuk bangsa demi terbentuknya bangsa yang aman dan sentosa.

Mungkin sekilas dari penulis tentang tujuan organisasi ini kalau ditinjau dari segi keislaman dan kenegaraan, yang mana sangat ideal sekali untuk di implemintasikan dewasa ini. Dan tentunya bagi pembaca yang budiman mudah-mudahan ini bisa memberikan sedikit wawasan dan pemahaman tentang organisasi Pergerakan Mahasiswa islam Indonesia.

Di umur enam puluh tiga tahun ini PMII sudah berkiprah bagi bangsa dan agama, selalu memberikan sumbangsih-sumbangsih yang nyata dan positif Baik dalam bidang Akademis maupun politik. Dan di PMII ini melahirkan banyak sekali tokoh-tokoh bangsa yang hebat-hebat dan terkenal. Seperti Dr. Drs.H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si. yang merupakan ketua umum Partai kebangkitan bangsa, kemudian Dr. KH. Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan menteri Agama, dan Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. yang merupakan Gubernur jawa timur. Dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya yang belum penulis sebut. Dan inilah salah satu tokoh-tokoh yang lahir dari rahimnya PMII.

Hemat penulis bahwasanya di umur PMII yang ke enam puluh tiga tahun ini merupakan salah satu wadah yang ideal dan Aktual yang harus diketahui oleh setiap mahasiswa, sebab di PMII ini tokoh-tokoh besar Negara lahir. Dan PMII merupakan ladang untuk mengembangkan dan merealisasikan minat dan bakat mahasiswa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image