Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masayu Izza

Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Platform Kesehatan Digital

Teknologi | Monday, 22 May 2023, 14:18 WIB
Aplikasi digital Alodokter | Website : Alodokter.com

Artificial Intelligence merupakan teknologi kecerdasan buatan yang memiliki kecepatan dan ketepatan dalam pengoperasiannya. Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan chat gpt yang merupakan salah satu contoh penerapan AI dalam sehari-hari. Chat gpt atau chat bot ini membantu pengguna dalam menjawab persoalan secara optimal, cepat, dan akurat. Selain itu, kecerdasan buatan ini juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.

Alodokter dan Halodoc merupakan dua platform digital yang menggunakan teknologi AI. Mereka bekerjasama dengan beberapa perusahaan teknologi di luar negeri demi meningkatkan kualitas layanan mereka menjadi lebih baik dan cepat secara performa.

Platform digital Alodokter pada bulan Maret kemarin telah merilis layanan berbasis AI yaitu Electronic Medical Record (EMR) dan Alni. Alodokter sendiri menjadi platform pertama yang memiliki fitur EMR.

Fitur EMR ini adalah jejak rekam medis berupa data dan dokumentasi catatan medis pasien. EMR dibuat agar memudahkan tenaga medis dalam mengakses data pasien seperti hasil laboratorium sebelumnya, resep obat, maupun riwayat sakit pasien dengan cepat dan juga turut memperkuat keamanan data dari pasien.

Fitur Alni menggunakan AI percakapan untuk melakukan pre-screen. Dari pertanyaan-pertanyaan yang ada kemudian menghasilkan pre-diagnosis pasien yang pada akhirnya bisa dijadikan rekomendasi untuk dokter telemedicine Alodokter.


Selain Alodokter, pada platform Halodoc sendiri telah menerapkan teknologi AI yang tidak kalah canggih. Halodoc bersama google membuat AI yang bertujuan mereplikasi proses mentoring dan juga masukan-masukan yang diterima oleh dokter junior dari dokter yang lebih senior.Kemudian dengan teknologi AI ini dapat membuat dokter melihat informasi mengenai kinerja mereka yang bertujuan membangun agar kualitas konsultasi semakin terjaga.


Dengan pemanfaatan optimal dari teknologi AI ini dapat membuat tenaga medis dan pasien berkomunikasi dengan mudah dan mendapatkan penanganan yang efektif juga. Artificial Intelligence (AI) memiliki banyak manfaat dan sangat meringankan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pengembangan AI yang bijak dan efektif secara berkala dapat membuat kemajuan baik masyarakat di Indonesia maupun dunia dengan hasil yang positif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image