Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hosea Darmawan

Tidur Di Akhir Pekan Dapat Minimalkan Risiko Hiperurisemia Wanita Pascamenopause

Eduaksi | Monday, 22 May 2023, 08:33 WIB

Kurang tidur, terutama yang umum terjadi pada masa pascamenopause, telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk hiperurisemia (peningkatan asam urat dalam serum), yang sering kali dapat menyebabkan asam urat dan kondisi lain yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur di akhir pekan dapat meminimalkan risiko hiperurisemia pada wanita pascamenopause. Hasil penelitian dipublikasikan secara online hari ini di Menopause, jurnal The North American Menopause Society (NAMS).

Memperbaiki Pola Tidur di Akhir Pekan bagi Wanita Pascamenopause

Hiperurisemia paling sering dikaitkan dengan asam urat, suatu bentuk artritis yang semakin umum yang ditandai dengan rasa sakit yang parah, kemerahan, dan nyeri pada persendian. Nyeri dan peradangan terjadi ketika terlalu banyak asam urat yang mengkristal dan mengendap di persendian. Selain itu, hiperurisemia dikaitkan dengan sindrom metabolik, diabetes, hipertensi, serta penyakit ginjal dan kardiovaskular.

Prevalensi hiperurisemia meningkat seiring bertambahnya usia pada semua populasi dan terutama pada wanita setelah menopause. Hal ini dikarenakan, menurut penelitian sebelumnya, hiperurisemia berbanding terbalik dengan kadar estrogen.

Pendekatan yang disarankan untuk menurunkan risiko hiperurisemia adalah durasi tidur yang cukup yang sayangnya menjadi lebih sulit dilakukan selama fase pascamenopause. Tidur diketahui sangat penting bagi respon imun, kognisi, kinerja, kondisi psikologis, dan status penyakit seseorang. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur berkaitan dengan masalah kesehatan yang buruk seperti hiperurisemia, hiperlipidemia, hipertensi, diabetes tipe 2, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kematian.

Dalam penelitian terbaru yang melibatkan hampir 1.900 peserta ini, para peneliti berhipotesis bahwa tidur di akhir pekan dapat menjadi solusi untuk menggantikan waktu tidur yang hilang selama seminggu dan secara efektif menurunkan risiko hiperurisemia pada wanita pascamenopause, yang sering kali kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Ini adalah penelitian pertama yang diketahui untuk menyelidiki hubungan antara tidur tambahan di akhir pekan dan hiperurisemia pada wanita pascamenopause.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur di akhir pekan dikaitkan dengan prevalensi hiperurisemia yang lebih rendah pada wanita pascamenopause yang kurang tidur. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi hubungan sebab akibat antara pemulihan tidur dan hiperurisemia pada wanita pascamenopause. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam artikel "Hubungan antara tidur tambahan di akhir pekan dan hiperurisemia dengan kurang tidur pada wanita pascamenopause Korea: studi cross-sectional nasional."

“Peningkatan kadar asam urat serum dikaitkan dengan berbagai faktor risiko penyakit kardiovaskular, sedangkan tidur yang cukup dan berkualitas baik telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidur tambahan di akhir pekan yang hanya 1 hingga 2 jam dikaitkan dengan prevalensi hiperurisemia yang lebih rendah pada wanita pascamenopause yang kurang tidur. Meskipun mekanisme yang bertanggung jawab atas temuan ini masih belum jelas, tidur siang di akhir pekan mungkin adalah hal yang disarankan oleh dokter." Dr. Stephanie Faubion, direktur medis NAMS

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image