Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Gigi Ternyata Sangat Kuat, Tapi Kenapa ya Masih Bisa Berlubang?

Eduaksi | Sunday, 21 May 2023, 22:12 WIB

Banyak yang tidak sadar bahwa gigi adalah bagian tubuh manusia yang paling kuat. Bahkan, kekuatan gigi lebih besar dibandingkan tulang. Kekuatan gigi ini berasal dari enamel atau bagian terluar gigi yang 96% tersusun dari mineral. Dikutip dari Vinmec, gigi dapat bertahan hingga beribu-ribu tahun. Karena itu, kita masih bisa melihat susunan gigi dari manusia purba. Tak hanya itu, gigi dapat bertahan meski terbakar pada suhu 2.000 derajat Fahrenheit. Hal ini disebabkan sedikitnya jaringan organik yang dikandungnya.

Namun, mengapa gigi masih dapat berlubang?

Dikutip dari laman National Library of Medicine, gigi yang berlubang disebabkan adanya sisa-sisa makanan yang menumpuk sehingga menyebabkan timbulnya plak yang mengakumulasi bakteri-bakteri di rongga mulut seperti Streptococcus Mutans. Bakteri-bakteri ini dapat menciptakan reaksi kimia untuk mengubah sisa-sisa makanan di gigi seperti gula menjadi asam. Asam ini lah yang menyebabkan demineralisasi struktur enamel gigi. Akibatnya terjadi pengeroposan gigi. Lama kelamaan, pengeroposan gigi semakin membesar dan membentuk lubang pada gigi.

Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Berikut langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah gigi berlubang :

1. Rutin menyikat gigi dan gunakan benang gigi

Lakukan sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur. Kemudian, lakukan flossing dengan benang gigi. Benang gigi dapat membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi

2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mencegah kerusakan gigi dan juga memperkuat gigi

3. Berkumur dengan obat kumur fluoride atau larutan air garam

Untuk membersihkan gigi secara maksimal, Anda dapat berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride atau dapat diganti dengan larutan air garam. Lakukan hal ini setelah menyikat gigi

4. Kurangi konsumsi makanan manis

Gula yang terdapat dalam makanan manis dapat meningkatkan pembentukan asam didalam mulut yang menjadi penyebab terbentuknya gigi berlubang

5. Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setidaknya 2 kali dalam setahun atau tiap 6 bulan sekali. Jika Anda mengalami gigi berlubang, segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan sebelum gigi berlubang Anda semakin bertambah parah.

Jadi, meskipun gigi bagian terkuat dari tubuh manusia yang tahan terhadap proses fisik seperti panas dan lainnya, tetapi gigi tidak bisa tahan terhadap asam yang dapat mengikis enamel gigi melalui proses kimiawi. Oleh karena itu, jangan lupa menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah gigi berlubang.

Sumber :

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551699/

https://www.vinmec.com/en/news/health-news/general-health-check/teeth-are-the-hardest-part-of-the-body/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image