Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image andi aulia khairun nisa

Obat Herbal atau Tanaman Herbal di Indonesia dan Kegunaannya

Lainnnya | Sunday, 21 May 2023, 21:38 WIB
Tanaman herbal. Foto: Farmasi UII

Apakah kalian tahu?bahwa Indonesia selain merupakan kaya akan keindahan alamnya kita juga kaya akan obat herbal-herbal, obat herbal di Indonesia sudah ada sejak 1300 tahun lalu, saat kerajaan Mataram di kejayaannya.

Dari rekaman pertama tentang tumbuhan herbal di dunia ditulis di tanah liat lebih dari 5.000 tahun lalu oleh orang Sumerians. Di Indonesia obat herbal dinamai dengan "Jamu", Jamu adalah obat herbal asli Indonesia yang diracik menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan.Tentu saja Indonesia kaya akan mempunyai tanaman herbalnya yaitu:

 

  • Jahe
  • Kumis Kucing
  • Lidah Buaya
  • Kencur
  • Daun Sirih
  • Temulawak
  • Lengkuas
  • Daun Kari
  • Daun ungu
  • Daun duduk
  • Inggu
  • dll.

Dari tanaman-tanaman ini, semua tanaman herbal ini ada khasiat untuk tubuh kita, alasan mengapa orang-orang di Indonesia rata-rata lebih memilih obat herbal (jamu) dan tanaman herbal, melainkan obat yang biasa dibeli di apotek dikarenakan karena obat herbal (jamu) dan tanaman herbal lebih terjangkau daripada obat lainnya yang dapat dibeli di apotek, karena tanaman herbal bisa ditemukan di pasar, tidak hanya terjangkau tetapi juga dapat ditemukan di mana-mana seperti di pasar tradisional atau di pasar swalayan.

Obat herbal(jamu) atau tanaman herbal sama seperti obat modern lain, jika dikonsumsi setiap hari atau dikonsumsi terlalu banyak tentunya akan ada efek samping untuk tubuh kita sendiri. Menurut Dr Dalimartha sebaiknya mengkonsumsi obat herbal (jamu) atau tanaman herbal sebelum atau sesudah mengkonsumsi obat dari yang sudah diberikan oleh dokter.

Obat herbal (jamu) dan tanaman herbal dapat dikonsumsi sesuai kebutuhannya, tetapi tentu saja tidak baik untuk mengkonsumsi obat herbal setiap hari, walaupun obat herbal lebih alami dibandingkan obat kimia tetapi masih memiliki efek samping tapi tidak sekuat efek samping obat kimia.

Obat herbal(jamu) atapun tanaman herbal dapat dikonsumsi dimana saja, di rumah, di apartement, di mana bisa dikonsumsi. Keunggulan obat herbal adalah berasal dari bahan-bahan alam, sedangkan obat kimia berasal dari bahan sintetik, dengan mengkonsumsi obat herbal (jamu) dapat meminimalkan efek samping dari obat kimia.

Cara agar kita mengkonsumsi obat herbal (jamu) dengan aman adalah tentunya kita harus melihat tanaman herbal yang kita beli, kapan dibelinya, dengan begitu kita bisa melihat sudah berapa lama obat herbal (jamu) itu berada di dalam rumah kita dan tidak membahayakan tubuh kita maupun kesehatan kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image