Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Viandhalia Zahra Iznia Handoko

Esports: Diawali dari Hobi Menjadi Olahraga Prestasi

Olahraga | Sunday, 21 May 2023, 18:47 WIB
Source picture: freepik

Semakin berkembangnya era globalisasi, semakin meluas pula cabang olahraga di Indonesia. Salah satu cabang olahraga yang baru saja dikenalkan adalah Esports. Cabang olahraga satu ini tidak sama dengan olahraga lain yang identik dengan aktivitas fisik seseorang, namun dalam cabang ini para atlet menggunakan platform elektronik seperti computer, konsol, maupun ponsel pintar sebagai modal mereka berpartisipasi dalam kompetisi.

Esports atau disebut juga olahraga elektronik ini merupakan istilah untuk kompetisi permainan video yang biasanya dilaksanakan secara online dengan jenis permainan yang dapat bervariasi. Esports sendiri memiliki berbagai macam cabang permainan dengan system permainan yang berbeda pula. Permainan yang kerap dijadikan kompetisi diantaranya adalah Mobile Legends, Valorant, PUBG Mobile, dan Free Fire. Keempat permainan tersebut menuai banyak prestasi dan tidak jarang sukses menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Perkembangan Esports di Indonesia relatif cukup pesat dilihat dari minat yang ditunjukkan oleh generasi muda yang sering memainkan permainan video di ponsel pintar mereka. Tidak sedikit dari mereka yang bergabung di tim nasional dan mengikuti berbagai kompetisi nasional maupun internasional untuk mengembangkan hobinya. Hal ini patut dibanggakan karena mereka dapat membuktikan bahwa hobi bermain game yang mereka miliki berkontribusi untuk mengharumkan tanah air.

Prestasi yang baru saja diraih oleh para atlet Esports adalah pada ajang perlombaan SEA Games 2023 yang dihelat di Kamboja pada hari senin (15/5). Segala pertandingan cabor Esports ini dihelat mulai dari tanggal 6 Mei hingga puncaknya 15 Mei 2023. Para atlet dari berbagai kategori permainan ini berhasil membawa pulang total tiga emas dan dua perak seperti yang dilansir dari PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) pada akun resmi Instagram mereka. Rincian peraihan juara untuk Indonesia adalah 3 emas dari kategori PUBGM Squad, MLBB Women, dan Valorant kemudian diikuti perolehan 2 perak dari permainan Crossfire dan PUBGM Solo. Prestasi yang luar biasa ini tentu layak untuk dibanggakan dan didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Ditinjau dari manfaat yang diberikan, Esports nyatanya dapat melatih para pemainnya untuk berpikir jangka panjang dengan mengatur strategi setiap akan melakukan perlombaan. Strategi yang mereka gunakan juga membantu para pemainnya mengembangkan skill kerja sama tim dan komunikasi antar anggota tim yang tentunya penting untuk melancarkan strategi yang sudah mereka rencanakan. Selain kedua unsur tersebut, manajemen waktu juga penting, mengingat permainan semacam ini selalu dibatasi oleh waktu yang tidaklah lama, hanya sekitar 10-30 menit dalam satu permainan. Maka dari itu, bermain dalam Esports dapat memberikan benefit pada tiap individu yang memainkannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image