Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Redaksi Harian

10 Tips Meningkatkan Popularitas Bisnis Anda

Bisnis | Friday, 24 Dec 2021, 12:58 WIB
Source : republika.co.id

Tips meningkatkan popularitas bisnis merupakan topik terpenting bagi para startup atau pengbisnis yang ingin mengambangkan bisnisnya. Strategi dalam berbisnis ini diperlukan untuk mengembangkan bisnis, agar tidak terkesan monoton atau stagnant.

Cara Meningkatkan Popularitas Bisnis

Salah satu strategi bisnis yang wajib dipertimbangkan ialah meningkatkan brand awareness untuk meningkatkan popularitas bisnis Anda di mata konsumen. Berikut tips-tipsnya:

1. Partnering

Cara pertama mengembangkan popularitas ialah dengan menjalin mitra bersama brand lain. Trik ini bisa memperkenalkan bisnis Anda kepada para calon konsumen dengan segmen pasar berbeda. Partnering memungkinkan pengbisnis untuk bertukar pelanggan.

Partnering adalah strategi jitu untuk mengatasi kemonotonan di tengah-tengah jalannya bisnis. Apalagi jika bisnis Anda sudah mempunyai karakter branding dan produk yang konsisten.

2. Memanfaatkan Internet Marketing

Salah satu dari tips meningkatkan popularitas bisnis lainnya ialah dengan gencar memanfaatkan internet marketing atau IM. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui selera pembeli dan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka.

Internet membuka pintu lebar-lebar untuk para pengbisnis agar lebih berinovasi. Selain memerlukan jasa pembuatan website untuk membuat platform bisnis Anda sendiri, juga bisa memanfaatkan internet marketing tadi lewat media sosial.

3. Referral Programs

Teknik mengembangkan popularitas bisnis ini sama halnya dengan promosi by mouth to mouth. Dalam hal ini, Anda memasarkan jasa atau produk ke saudara, teman maupun kerabat. Sehingga, produk yang ditawarkan pun semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Hanya saja, promosi dari mulut ke mulut ini biasanya tidak melibatkan insentif pada pihak yang memasarkan produk. Namun sistem referral biasanya memberikan insentif saat pengguna sukses mengajak orang memakai atau membeli produk tersebut.

4. Ulasan Pelanggan

Kebanyakan orang percaya bahwa ulasan atau review dari pelanggan sebelumnya , sama halnya dengan rekomendasi orang terdekat. Inilah alasan kenapa hal semacam itu termasuk cara ampuh untuk meningkatkan brand awareness.

Dalam berbisnis online, bagi Anda yang sudah mempunyai web online shop sendiri, dapat mengintegrasikan ulasan pelanggan lewat keuntungan member atau loyalty program.

5. Tampilkan Informasi Kontak dan Live Chat

Penting sekali untuk menampilkan kontak perbisnisan Anda yang dapat dihubungi. Informasi tersebut bisa berupa alamat, email, akun media sosial dan nomor telepon. Selain itu, fitur live chat juga bisa membantu meningkatkan kredibilitas perbisnisan di mata pelanggan.

6. Free Content

Demi menemukan konten yang diperlukan, kebanyakan orang lebih memilih browsing di mesin pencari. Bisa jadi, di antaranya adalah calon konsumen potensial Anda. Jadi, tidak ada salahnya memasukkan konten menarik ke dalam strategi pemasaran produk atau brand.

7. Podcast

Podcast bisa dibilang sebagai fenomena baru di tanah air. Kehadirannya baru populer sejak kemunculan aplikasi streaming seperti Spotify. Dibandingkan berbagai macam konten lainnya, sebenarnya Podcast menawarkan banyak sekali kelebihan.

Lewat konten berbentuk audio dapat menunjukkan sisi keramahan bagi sebuah brand. Inilah yang menjadikannya semakin dekat dengan calon customer.

8. Influencer Marketing

Influencer marketing juga termasuk ke dalam strategi marketing yang populer lewat kehadiran Instagram. Dalam hal ini, Anda dapat bermitra dengan influencer agar mereka memasarkan produk.

Strategi pemasaran ini sangat efektif digunakan saat Anda baru saja merilis sebuah brand atau produk. Karena jangkauan influencers dan kepopulerannya yang begitu luas, maka brand awareness dari sebuah bisnis dapat terangkat seketika.

9. Sponsorship

Sponsorship adalah cara paling umum yang dilakukan demi meningkatkan popularitas bisnis. Walaupun demikian, tidak semua pengbisnis berani mengabil sedikit modalnya hanya untuk mensponsori sebuah acara.

Padahal dengan mensponsori sebuah bisnis, bisa menjadi strategi paling efektif untuk meningkatkan brand awareness. Terlebih lagi, jika cara tersebut diterapkan pada jenis acara, target pasar dan momen yang tepat.

10. Infografik

Infografik merupakan cara lain demi meningkatkan brand awareness. Saat ditelusuri lebih jauh lagi, ternyata tampilan visual seperti infografik tidak sekedar disukai saja, tetapi berdampak positif untuk para pemiliknya.

Pasalnya, website yang memiliki infografik dapat mendatankan pengunjung tambahan hingga persentase 12%.

Itulah tips meningkatkan popularitas bisnis agar bisnis Anda lebih dikenal masyarakat atau calon pelanggan potensial. Apapun bisnis yang sedang dijalankan, tentu saja Kami berharap semoga artikel ini bisa membantu meningkatkan popularitas bisnis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image