Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yum Roni Askosendra

Keutamaan Istighfar Kepada Allah

Agama | Sunday, 21 May 2023, 01:31 WIB
Shalat berjamaah (dawn)

Istighfar adalah memohon ampunan kepada Allah atas dosa yang diperbuat, baik sengaja dilakukan ataupun tidak. Istighfar juga disyariatkan dibaca dalam beberapa kondisi seperti setelah melakukan shalat dan mengakhiri pertemuan atau majelis.

Dalam kitab Durus Al-Am karya Dr. Abdul Malik Al-Qasim dijelaskan beberapa keutamaan istighfar. Di antara keutamaannya adalah sebagai berikut:

1. Istighfar merupakan bentuk ketaatan kepada Allah Ta’ala dan menjadi penyebab dosa diampuni. Allah Ta’ala berfirman,

Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun,” (QS. Nuh: 10).

2. Salah satu penyebab turunnya hujan. Allah Ta’ala berfirman, “Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, (QS. Nuh: 11)

3. Penyebab untuk memperbanyak harta dan keturunan. Allah Ta’ala berfirman, “Dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu.(QS. Nuh: 12)

4. Istighfar menjadi penyebab kemakmuran dan kebaikan. Allah Ta’ala berfirman,

“Dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu(QS. Nuh: 12).

5. Menambah kekuatan dengan segala maknanya. Firman Allah Ta’ala, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu.” (QS. Hud: 52).

6. Menjadi penyebab seseorang mendapatkan kenikmatan yang baik secara terus-menerus. Allah Ta’ala berfirman, “Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu.” (QS. Hud: 3).

7. Penolak marabahaya. Allah Ta’ala berfirman, Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.” (QS. Al-Anfal: 33)

8. Menjadi penyebab diberikan karunia kepada orang-orang yang berbuat baik. Allah Ta’ala berfirman, Dan Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik.” (QS. Hud: 3).

9. Penyebab turunnya rahmat Allah. Allah Ta’ala berfirman,

Mengapa kamu tidak memohon ampunan kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat?” (QS. An-Naml: 46).

10. Istighfar menjadi penghapus dosa yang terjadi di suatu majelis.

Semua hamba Allah yang hidup di atas dunia sangat butuh istighfar, sebab mereka tidak luput dari berbuat salah, baik di waktu malam maupun siang. Apabila mereka memohon ampunan kepada Allah, Dia akan mengampuni mereka sesuai dengan kehendak-Nya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image