Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endah Nursaadah

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah RA Miftahul Falah

Eduaksi | Saturday, 20 May 2023, 23:15 WIB
Cintailah Kebersihan karna Kebersihan itu sebagian dari Iman Sumber: Dok.Pribadi

Dalam lingkungan sekolah kita perlu memperhatikan prilaku hidup bersih dan sehat karena lingkungan yang bersih selain sehat tentu juga nyaman untuk di pandang, karena tidak terdapat sampah atau limbah yang berserakan. Dengan lingkungan yang bersih suasana di lingkungan sekolah tidak hanya indah dipandang mata, tetapi juga nyaman bagi penghuni nya. Kebersihan lingkungan sekolah ternyata banyak sekali manfaat untuk kehidupan. Tanpa disadari atau tidak lingkungan sekolah yang bersih juga menjadi lingkungan yang bebas dari polusi dan wabah penyakit, baik polusi udara maupun polusi lainnya yang dapat mengganggu kelangsungan belajar mengajar di sekolah.

Sekolah adalah cermin kehidupan begitu juga cerminan kebersihan. Penting bagi kita untuk memperhatikan aspek kebersihan dan kesehatan. Kebersihan dan kesehatan merupakan salah satu faktor utama yang menunjang kehidupan sekolah sehari hari. Sekolah perlu menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan bagi semua warga sekolah begitu juga warga yang ada disekitar sekolah.

Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah harus di tanamkan sejak awal masuk sekolah. Agar sekolah terlihat bersih dan tenang siswa dapat berperan dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Anak agar di biasakan membuang sampah pada tempatnya, dan kita jelaskan bahwa membuang sampah sembarangan bukan pada tempatnya bisa mengakibatkan polusi dan banjir, dan kalau hujan air bisa menggenangi halaman sekolah karena tersumbat saluran airnya oleh sampah, dan dapat menyebabkan wabah penyakit seperti diare, demam berdarah, dikarenakan air tergenang di mana mana, nyamuk akan bertelur dan menyebabkan penyakit.

Kita sebagai guru harus menjadi surit teladan dan memberi contoh yang baik kepada anak-anak agar tidak membuang sampah sembarangan, di mulai dari diri kita sendiri dari hal-hal yang terkecil. Tentu kita tidak mau menjadi sekolah kita menjadi sekolah yang kotor, kumuh, dan penuh dengan sampah. Disamping itu kalau sampah yang dibuang dengan sembarangan dapat mencemari lingkungan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dan dapat menyebabkan suasana belajar menjadi tidak nyaman dan tidak kondusif. Disamping itu anak-anak dan wali siswa di kasih pengertian akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Supaya proses belajar dan mengajar di lingkungan sekolah lebih tenang, nyaman dan kondusif. Sesuai dengan anjuran agama dan Hadits Nabi yang mengatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman” dan Allah pun menyukai kebersihan dan keindahan.

Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah adalah menjadi kewajiban bagi semua warga yang ada di sekolah tanpa terkecuali. Mulai dari Kepala Sekolah, Dewan guru, Orang tua siswa, dan siswa-siswi. Begitu juga semua elemen penting yang ada di lingkungan sekolah. Semua wajib berpartisipasi dalam menjaga kebersihan serta keindahan di lingkungan sekolah. Sehingga tercipta suasana belajar dan mengajar yang nyaman tenang dan kondusif.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan sekolah diantaranya adalah:

1. Lingkungan menjadi lebih sejuk, bersih, segar, dan nyaman;

2. Lebih tenang dalam menjalankan kegiatan belajar dan mengajar di lingkungan sekolah; dan

3. Lingkungan sekolah yang bersih terhindar dari wabah penyakit yang di sebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat.

Kebersihan sangat mempengaruhi konsentrasi kenyamanan belajar siswa. Indah dan tertata rapi kemungkinan besar kenyamanan dalam proses pembelajaran akan tercapai. Sehingga memunculkan motivasi siswa untuk datang belajar ke sekolah dengan giat dan rajin. Selain itu konsentrasipun bisa lebih fokus, dengan begitu anak semakin betah di sekolah dan sistem kerja otak pun akan semakin meningkat. Lingkungan sekolah yang bersih tentu membuat semua orang pasti suka melihatnya. Marilah kita semua berpartisipasi dan menjaga kebersihan sekolah. Dengan begitu akan membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman bagi seluruh siswa dan siswi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image