Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Audysta Euro Lawaisya

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak

Edukasi | Friday, 19 May 2023, 14:56 WIB
Ilustrasi anak-anak belajar bahasa inggris. Sumber: Pinterest

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia. Selain itu, Bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan, keberadaannya sangat penting dalam bidang bisnis, teknologi, dan akademik. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa resmi dalam berbagai organisasi Internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan International Olympic Committee (IOC). Di Indonesia pun pengetahuan tentang bahasa Inggris sangat penting karena semakin banyak perusahaan-perusahaan global yang membutuhkan karyawan yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris menjadi sangat penting dalam menghadapi tantangan global.

Berdasarkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa belajar Bahasa Inggris sejak dini sangat dianjurkan karena dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan masa depan anak-anak kita. Tidak ada salahnya juga jika para orang tua mendorong anaknya untuk belajar bahasa Inggris sejak kecil. Apalagi anak-anak cenderung memiliki kemampuan menyerap informasi yang lebih cepat dan mudah daripada orang dewasa. Dengan kelebihan tersebut, mereka dapat lebih cepat mempelajari kosakata dasar hingga tata bahasa dalam bahasa Inggris. Ada beberapa alasan mengapa belajar Bahasa Inggris sejak dini sangat penting.

Pertama, membuka peluang. Pandai berbahasa Inggris juga dapat membuka banyak peluang. Contohnya jika anak anda mahir berbahasa Inggris, maka mereka akan memiliki kesempatan lebih besar untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Selain itu, mahir berbahasa Inggris juga dapat membuka peluang karir karena saat ini semakin banyak perusahaan- perusahaan yang menjadi global, maka semakin penting pula untuk menguasai bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris sejak dini akan memberikan keunggulan tersendiri bagi anak-anak ketika mencari pekerjaan di masa depan.

Kedua, akses ke informasi dan budaya asing. Di era digital ini, sudah banyak sumber daya dan pengetahuan yang tersedia dalam bahasa Inggris, termasuk buku, jurnal, artikel, video dan situs web. Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik, anak-anak dapat mengakses informasi tersebut tanpa kesulitan. Selain itu, belajar bahasa Inggris juga memungkinkan anak-anak untuk dapat belajar budaya asing dan menjalin hubungan dengan orang dari negara lain sehingga dapat memperluas lingkaran sosial mereka.

Ketiga, meningkatkan keterampilan kognitif. Belajar bahasa Inggris juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak seperti kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, serta kemampuan berpikir secara konseptual.

Belajar bahasa Inggris sejak dini dapat menjadi bekal bagi masa depan mereka. Saat ini telah ada banyak cara untuk memulai belajar bahasa Inggris seperti bergabung dengan kursus yang menyediakan program pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak, membaca buku cerita dalam bahasa Inggris, menonton acara televisi yang berbahasa Inggris, mendengarkan lagu anak-anak dalam bahasa Inggris, dan lain-lain. Cara-cara tersebut dapat membantu mempercepat proses belajar bahasa Inggris anak-anak. Jadi, penting bagi orang tua untuk mendorong anak-anak mereka untuk belajar bahasa Inggris sejak dini karena manfaatnya sangat besar bagi masa depan mereka. Semakin cepat mereka mulai belajar, semakin baik kesempatan mereka untuk mencapai sukses global di masa depan!

Penulis: Audysta Euro Lawaisya (Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image