Sekelumit tentang Digital Marketing Principle

Image
Hamdani
Eduaksi | Friday, 24 Dec 2021, 09:43 WIB
Foto Ist

Pada zaman sekarang teknologi di kalangan masyarakat sudah berkembang dengan cepat sehingga untuk melakukan segala hal orang-orang tidak perlu lagi bersusah payah pergi kesana kemari untuk menyelesaikannya.

Semua itu sudah bisa dilakukan melalui handphone ataupun laptop dan computer, hanya memerlukan jaringan internet untuk dapat menjangkau situs-situs ataupun media sosial yang sekarang digemari oleh banyak orang.

Begitu pula halnya dengan bisnis, pada masa sekarang ini banyak orang yang membuat promosi ataupun pemasaran bisnis mereka melalui sosial media sehingga orang-orang dapat mengetahui bisnis apa yang sedang berkembang dan produk apa yang mereka pasarkan kepada kalangan masyarakat.

Namun sebelumnya pakah kalian tahu apa itu digital marketing? Jadi, digital marketing adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan oleh seorang pemilik bisnis (owner) menggunakan media sosial ataupun situs-situs atau website.

Contohnya, jika kalian membuka internet untuk mencari sesuatu yang kalian perlukan pasti akan muncul iklan-iklan yang menunjukkan brand ataupun produk yang dipasarkan.

Hal itu merupakan contoh dari digital marketing yang dilakukan oleh seorang pemilik bisnis agar dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat dan membuat produk yang mereka miliki dikenal oleh banyak orang.

Konsep dan penerapan digital marketing ini dilakukan bertujuan untuk mendongkrak atau mengembangkan penjualan produk dari suatu brand yang sedang diangkat. Harapan nya agar menarik konsumen atau calon konsumen tepat pada sasaran.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk kedalam digital marketing adalah diantaranya SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan google ads, promosi media cetak seperti majalah atau koran, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing dan lain sebagainya.

Kelebihan digital marketing

Saat ini banyak perusahaan yang memilih memasarkan produknya menggunakan digital marketing, karena selain memiliki banyak kelebihan juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan bisa sampai hingga keseluruh penjuru sehingga membuat keuntungan semakin meningkat dan juga brand yang kita miliki dapat dikenal dan dipercaya oleh banyak orang.

Adapun kelebihan dari digital marketing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan Penyebaran Strategi

Pemasaran melalui media sosial ini bisa menyebar dengan sangat cepat dikarenakan banyaknya masyarakat sekarang yang gemar bermain media sosial sehingga sangat cepat mengetahui informasi yang terbaru.

2. Kemudahan evaluasi

Menggunakan media sosial untuk promosi sekarang ini kita dapat mengetahui seberapa banyak orang melihat produk kita dan seberapa banyak orang merespon terhadap produk tersebut.

3. Jangkauan lebih luas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya dengan banyaknya orang yang menggunakan media sosial maka banyak juga orang yang memasarkan produk mereka sendiri, baik itu melalui situs yang mereka buat di internet ataupun website yang dapat dikunjungi serta membuat e-commerce yang sedang marak di media sosial saat ini.

4. Murah serta efektif

Dengan melakukan digital marketing maka kita tidak perlu membayar pajak yang dikenakan oleh pemerintah sehingga kita dapat menghemat biaya serta kita hanya perlu menggunakan internet untuk dapat mengakses dan mengunggah promosi produk kita. Usahakan meletakkan iklan ataupun menggunakan media sosial yang banyak dipakai atau digemari oleh masyarakat sekarang agar dapat lebih cepat dikenal oleh pasar.

Kekurangan digital marketing

Selain kelebihan yang diperoleh dari digital marketing kita juga harus mengetahui bahwa akan ada kekurangan dari suatu hal tanpa kita sadari.

Berikut adalah kekurangan yang dapat ditimbulkan dari digital marketing

1. Mudah ditiru

Terlalu banyak pesaing yang muncul menggunakan promosi yang sama seperti yang kita lakukan.

2. Tidak akan dilirik apabila promosi yang kita tampilkan tidak menarik bagi para calon konsumen.

3. Belum tentu cocok dari yang kita perkirakan. Setiap orang memiliki selera yang berbeda dan bervariasi. Oleh karena itu kita harus menentukan target pasar yang tepat agar para calon konsumen tertarik dengan produk kita.

4. Reputasi atau nama baik akan hancur apabila ada respon negatif dari para pembeli, dari hal itu dapat kita ketahui bahwa melakukan promosi itu harus dengan kejujuran dan niat yang baik agar bisnis kita berjalan dengan lancar.

Jadi dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui beberapa informasi mengenai digital marketing sehingga kita dapat belajar dan tentang hal yang perlu kita lakukan atapun hal yang harus kita hindari sebagai pemula dalam memulai bisnis dan melakukan digital marketing.

Untuk mencapai kesuksesan tentunya kita harus melewati beberapa rintangan yang cukup berat bahkan mampu membuat mental kita hancur apabila tidak konsisten terhadap apa yang telah kita tetapkan sebelumnya. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image