Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Evita Rizki

Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Membantu Diagnosis Medis yang Lebih Akurat

Sekolah | Wednesday, 17 May 2023, 14:40 WIB

Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Membantu Diagnosis Medis yang Lebih Akurat

Pada zaman yang sudah berkembang ini, pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan Artificial Intelligence(AI). Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi kecerdasan manusia menggunakan heuristik kode software. Saat ini, kode ini lazim dalam segala hal mulai dari aplikasi perusahaan berbasis cloud hingga aplikasi konsumen hingga pada industri kesehatan.

Penggunaan Artificial Inteliigence berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk kesehatan. Salah satu bidang yang terbukti sangat berguna adalah diagnosis medis. AI dapat menganalisis data medis dengan cepat dan akurat, memberikan bantuan berharga bagi dokter dan profesional kesehatan untuk membuat diagnosis yang lebih akurat.

AI dapat mengidentifikasi tanda-tanda penyakit yang bahkan tidak tidak di identifikasi manusia. Hal tersebut akan membantu tenaga kesehatan untuk mendiagnosis penyakit yang lebih cepat dan akurat. AI telah terbukti efektif dalam menganalisis gamar medis seperti Menganalisis foto rontgen CT scan, sinar X, dan citra medis. Dengan bantuan teknik deep learning untuk mendeteksi atau mendiagnosis penyakit. Misalnya, diagnosis kanker paru-paru, penyakit jantung, penyakit hati, dan lain sebagainya. AI dapat mempelajari pola karakteristik dari ribuan gambar medis.

AI juga dapat membantu dalam proses menganalisis data dalam jumlah yang besar, termasuk juga catatan medis elektronik, literatue medis dan juga peneletian terkait yang dapat lebih cepat dan akurat bahkan mungkin sulit jika akan dilakukan oleh manusia. Dengan Pengaruh Artificial Intelligence yang baik tentang diagnosis dan penyakit dokter dan peneliti dapat membuat keputusan yang lebih informasi dan memajukan pengetahuan medis.

Selain itu, AI juga membantu untuk merencanakan pengobatan yang akan dilakukan oleh pasien. Dengan mengolah data pasien seperti riwayat medis, hasil tes laboratorium, juga data genetik. Dengan pengaruh AI yang canggih sistem dapat menganalisis informasi tersebut untuk memberikan rekomendasi pengobatan yang efektif juga sesuai dengan kebutuhan kondisi penyakit pasien.

Dalam semua pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence yang sangat membantu bagi petugas kesehatan khususnya dalam diagnosis medis. Namin, perlu di tekankan bahwa Artificial Intelligence hanya membantu dan namun tetap diperlukannya interaksi antara tenaga kesehatan khususnya Dokter untuk mengetahui kebenaran diagnosis medis.

Penulis: Evita Rizki Maharani Putri (Mahasiswa Keperawatan, Universitas Airlangga)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image