Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Manajemen Perkantoran Digital Universitas Airlangga: Susah atau Tidak?

Info Terkini | Tuesday, 16 May 2023, 20:41 WIB
Source: Vokasi Unair

Manajemen Perkantoran Digital adalah sebuah program studi yang ada di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Program studi ini dulunya masih berjenjang D-III. Namanya dulu juga bukan Manajemen Perkantoran Digital, tapi Administrasi Perkantoran. Namun pada tahun 2021, dosen Ketua Program Studi (Kaprodi) Administrasi Perkantoran, yaitu Dr. Rahmat Yuliawan, SE., MM., A.WP., CHCM, melakukan pengajuan peningkatan jenjang jurusan kepada rektor Universitas Airlangga. Akhirnya, ajuan tersebut disetujui dengan bukti turunnya surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 980/UN3/2022. Sehingga, pada tahun 2022 jurusan Administrasi Perkantoran resmi beralih jenjang menjadi D-IV.

Peralihan jenjang pada program studi perkantoran ini menyebabkan adanya beberapa perubahan. Mulai dari beban Satuan Kredit Semester (SKS) bertambah, adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan tambahan praktikum pada mata kuliah jurusan. Jika melihat penjabaran di atas, mungkin sebagian orang akan menganggap program studi ini bertambah susah. Namun sebenarnya, itu tergantung dengan penguasaan bidang pada masing-masing individu.

Menurut saya, mata kuliah di jurusan Manajemen Perkantoran Digital ini susah-susah gampang. Mata kuliah yang diajarkan sedikit membuat culture shock. Ditambah lagi, saya berasal dari rumpun MIPA waktu SMA. Sehingga, pada awal-awal saya harus menyesuaikan dengan pembelajaran yang kebanyakan berasal dari rumpun sosial. Namun, jika kalian berasal dari jurusan IPS waktu SMA, maka beruntunglah. Saat kalian masuk ke jurusan Manajemen Perkantoran Digital ini, pelajaran yang pernah kalian pelajari sewaktu SMA tinggal dikembangkan saja.

Mata kuliah yang saya tempuh selama 2 semester ini cukup beragam. Mulai dari bahasa Inggris, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, ide kreatif dan kewirausahaan, perkantoran digital, serta aplikasi komputer perkantoran. Dari 7 mata kuliah ini, bahasa Inggris dan manajemen keuangan yang membuat saya kelimpungan. Pada mata kuliah bahasa Inggris, kita harus mempelajari struktur bahasa dengan baik dan benar, terutama soal grammar. Sementara itu, pada manajemen keuangan, kita diajarkan untuk menghitung laba-rugi sebuah perusahaan dengan menggunakan beberapa rumus. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Saran saya, perbanyak lagi kosa kata bahasa Inggris dan pelajari juga tentang akuntansi agar mampu menguasai dua mata kuliah tersebut.

Tugas yang diberikan oleh dosen juga tidak terlalu berat dan susah, tapi deadline-nya sering kali bertabrakan. Apalagi saya juga tergabung dalam sebuah organisasi. Sehingga, kadang-kadang pengerjaan tugas jadi sedikit mepet dengan waktu pengumpulan. Mohon untuk tidak meniru hal yang saya lakukan. Usahakan saat mengerjakan tugas jauh-jauh hari sebelum deadline tiba. Apalagi jika kalian memiliki aktivitas yang padat. Belajarlah untuk memanajemen waktu dengan baik karena hal tersebut akan kalian bawa sampai ke dunia kerja nanti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image