Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image elok indriani

Surga Tersembunyi Dibalik Kota Mistis Banyuwangi

Jalan Jalan | Monday, 15 May 2023, 16:06 WIB
Kredit foto: Hadi_Sas

Sepertinya, citra “mistis” sudah sangat melekat dengan kota yang memiliki julukan The Sunrise Of Java ini. Padahal pada kenyataannya, Kota Banyuwangi menyimpan banyak destinasi wisata yang masih dijaga dan dilestarikan keindahannya oleh masyarakat, lho Kota di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki banyak surga tersembunyi yang menarik wisatawan lokal maupun internasional untuk sekedar singgah dan menikmati keindahannya. Mulai dari taman nasional, lautan hingga penggunungan ada di Kota Banyuwangi. Berikut adalah daftar destinasi wisata alam yang dapat anda kunjungi saat berada di Kota Banyuwangi.

1. Pulau Merah

Meskipun bernama Pulau Merah, air di pantai ini berwarna biru pada umumnya. Pulau Merah terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pasir putih, air yang biru dan pemandangan matahari tenggelam di sore hari menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Pengunjung di Pulau Merah lebih ramai pada sore hari dibandingkan siang hari. Hal ini disebabkan karena, pengunjung ingin menikmati sunset yang dapat mereka lihat keindahannya pada sore hari dan juga karena cuaca yang terasa lebih panas jika berada di Pulau Merah pada siang hari. Di pinggiran pantai, kita bisa melihat bukit di tengah pantai dan juga kanan kirinya.

Di sebelah kiri pantai terdapat bukit yang dijadikan tempat pertambangan emas Tumpang Pitu. Sehingga, baik dalam perjalanan menuju Pulau Merah maupun saat berada di pesisir pantai kita dapat melihat pegunungan Tumpang Pitu.

2. Pantai Boom

Salah satu ikon pariwisata Kota Banyuwangi yang sudah ada sejak lama adalah Pantai Boom. Dahulunya, masyarakat mengenal pantai ini dengan sebutan THR atau Taman Hiburan Rakyat. Penampilan Pantai Boom yang sekarang jauh lebih baik dan modern karena perbaikan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten dan Ptovinsi serta PT. Pelindo.

Tiket masuk Pantai Boom dibandrol Rp. 5000,- per kepala. Di sebelah utara Pantai Boom terdapat tempat wisata maupun singgah berupa pantai dan tenant makan yang dibangun dengan bentuk bangunan yang sebagian berasal dari bambu. Pantai ini disebut dengan Plengsengan. Pemuda-pemudi masyarkat sekitar menggunakan plengsengan untuk melihat sunrise di pagi hari atau sekedar nongkrong di tempat makan pinggir pantai.

3. Padang Savana Sadengan

Padang Savana Sadengan merupakan tempat pelestarian hewan asli di Alas Purwo. Di dalamnya terdapat berbagai macam hewas yang dilindungi oleh pemerintah. Kita dapat melihat binatang-binatang yang ada di dalamnya dari kejauhan. Disediakan sebuah pondok bertingkat yang dapat digunakan oleh pengunjung maupun fotografer yang ingin melihat hewan di Taman Nasionak Alas Purwo.

4. Pantai Pancur

Masih di dalam Alas Purwo, Pantai Pancur merupakan salah satu pantai yang berada di dalam Alas Purwo. Di balik citra "mistis" yang melekat pada Alas Purwo terdapat banyak keindahan yang bisa kita nikmati dan kagumi. Karang yang berada di pinggir pantai, pasir yang putih, air yang biru membuat Pantai Pancur sangatlah sedap untuk dipandang dalam waktu yang lama. Pantai Pancur digunakan sebagai destinasi wisata keluarga ketika hari liburan sudah tiba. Pesisir pantai bisa digunakan piknik baik bersama keluarga maupun teman.

5. Pantai Plengkung

Sepertinya banyak yang sudah tidak asing atau pernah mendengar tentang tempat yang disebut sebagai G-Land ini. Pantai dengan ombak yang tinggi, air yang jernih sering kali dijadikan objek wisata oleh wisatawan luar negeri untuk melakukan aktivitas surfing. Lagi-lagi G-Land atau Pantai Plengkung berada di dalam Alas Purwo. Pantai ini berada di dalam hutan Alas Purwo. Untuk bisa menjangkau tempat ini, kita perlu menyewa mobil jeep yang telah disediakan oleh pengelola pantai dengan kiasaran harga Rp. 300.000-350.000.

Jika Alas Purwo menjadi tempat yang ditakuti oleh banyak orang, maka destinasi wisata yang ada di dalamnya menjadi bukti bahwa Alas Purwo merupakan surga yang memiliki keindahan alam luar biasa. Oleh karena itu, kita perlu menjaga dan melestarikan keindahannya. Banyak tempat indah lainnya yang berada di Kota Banyuwangi. Selain bisa untuk melepas setres dan rasa suntuk dari aktivitas sehari-hari, tempatnya yang indah bisa anda jadikan sebagai studio alam untuk berfoto atau mengabadikan momen yang berharga.

Ini saatnya bagi anda untuk datang ke Kota Banyuwangi. Saksikan dan nikmati keindahannya bersama orang yang anda cinta baik itu diri anda sendiri atau belahan hati.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image