Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nauval Syahferi

Electronic Health Records: Implementasi Data Science yang Menjadi Inovasi dalam Dunia Kesehatan

Teknologi | Sunday, 14 May 2023, 20:37 WIB

Dalam menghadapi perkembangan era digital saat ini, data science telah bertransformasi menjadi senjata ampuh dalam menghadapi berbagai persoalan kompleks di seluruh bidang kehidupan. Dalam era digital pula, setiap interaksi teknologi dengan manusia akan menghasilkan data yang besar dan beragam.

Perkembangan data science dalam beberapa waktu terakhir ini juga telah mengubah sudut pandang kita tentang memahami dan memanfaatkan data. Hal inilah yang menyebabkan ilmu data science kini berperan penting seiring dengan semakin meluasnya data di seluruh dunia, karena hampir semua lini kehidupan saat ini tidak terlepas dari yang namanya sebuah data. Mulai dari sektor industri, bisnis, hingga dapat merambah ke dalam dunia kesehatan. Data science berperan dalam pengambilan keputusan yang cerdas di berbagai sektor tersebut. Lantas, bagaimana implementasi data science di dalam dunia kesehatan?

Data Science dalam Bidang Kesehatan

Pandemi Covid-19 merupakan sebuah wabah menakutkan yang sudah kita lewati bersama. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat peran yang sangat besar dari seorang Data Scientist dalam membantu pengumpulan informasi, melihat pola penyebaran virus, dan membantu pemerintah dalam membasmi wabah tersebut di dalamnya dengan mengambil setiap keputusan secara tepat untuk setiap data.

Ilmu kesehatan saat ini mulai bertransformasi secara efisien dengan menerapkan ilmu data science di dalamnya. Untuk menganalisis dan mengambil keputusan dari data yang sangat besar tersebut, dibutuhkan sebuah teknologi yang canggih, hal inilah yang menjadi faktor ilmu data science dapat diimplementasikan dalam dunia kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi berupa teknologi yang dapat membawa perubahan positif dalam dunia kesehatan.

Bagaimana Data Science mengubah Masa Depan Bidang Kesehatan?

Penemuan Electronic Health Records, sebuah teknologi yang dapat mengelola data pasien secara real time dan merekam histori kesehatan pasien sepertinya menjadi angin segar bagi dunia kesehatan. Pasalnya, inovasi ini merepresentasikan era baru dalam pengelolaan informasi kesehatan pasien. Electronic Health Records (EHR) dengan mengintegrasikan ilmu data science memberikan peluang tidak terbatas untuk mengoptimalkan perawatan kesehatan, manajemen medis, hingga pengambilan keputusan secara klinis. Selain itu, ilmu data science dalam hal ini juga dapat mengefisienkan waktu secara manajemen data dan pengembangan obat yang tentunya akan mengurangi biaya dalam bidang kesehatan. Sangat penting untuk membuat mereka sadar bahwa EHR teknologi sangat bermanfaat dalam hal memahami kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari di praktik kesehatan, dapat memanfaatkannya untuk pengambilan keputusan secara klinis, untuk mendapatkan komprehensif gagasan bahwa teknologi EHR adalah pilihan terbaik tidak hanya untuk tenaga kesehatan, tetapi juga untuk pasien (Narcisse et al. 2013).

Implementasi data science melalui Electronic Health Records ini telah bertransformasi menjadi sebuah inovasi yang signifikan bagi dunia kesehatan dengan kemampuanya menganalisis data secara menyeluruh, dan membantu pengambilan keputusan secara klinis menjadi lebih baik. Data science telah mengubah cara kita dalam memanfaatkan informasi kesehatan. Hal tersebut dapat menjadi sebuah interpretasi bahwa Electronic Health Records dengan mengintegrasikan data science dapat menjadi kunci guna membawa perubahan yang baik bagi masa depan bidang kesehatan.

Referensi

Stewart, WF, Shah, NR, Selna, MJ, Paulus, RA & Walker.(2007). JM Menjembatani kesenjangan inferensial: catatan kesehatan elektronik dan bukti klinis. Kesehatan Aff. 26 , w181–w191

Narcisse, M-R, Kippenbrock, T. A., Odell, E., Buron, B., Advanced Practice Nurses' Meaningful use of Electronic Health Records, Applied Nursing Research(2013). Vol. 26, No. 3, pp. 127-32.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image