Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Octaviani Putri Al Fajri

Ada Apa Saja di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM)?

Sekolah | Sunday, 14 May 2023, 16:14 WIB
Universitas Airlangga Surabaya (unair.ac.id)" />
Sumber gambar: Universitas Airlangga Surabaya (unair.ac.id)

Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) adalah fakultas yang baru berdiri pada tahun 2019 di Universitas Airlangga. Kegiatan akademik mahasiswa FTMM dilakukan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) yang berada di Kampus C Universitas Airlangga.

FTMM terdiri atas 5 program studi baru yang sangat menjanjikan di masa depan lohh. Berikut 5 program studi yang ada di FTMM.

1. Rekayasa Nanoteknologi

Rekayasa nanoteknologi mempelajari suatu benda berukuran nano untuk dipergunakan dalam pembuatan barang-barang. Nanoteknologi dimanfaatkan dalam bidang keamanan, kesehatan dan energi. Program studi rekayasa nanoteknologi mempelajari kimia, biologi, dan fisika untuk penerapannya karena memiliki keterkaitan.

Pada bidang keamanan, nanoteknologi digunakan karena material yang ringan, komputerisasi, sensor, dan amunisi yang kuat. Sedangkan pada bidang kesehatan dipergunakan sebagai sistem diagnosa dan obat. Pada bidang energi, digunakan pada pembuatan sel surya dan baterai.

2. Teknik Industri

Teknik industri adalah ilmu yang berkaitan dengan suatu sistem yang melibatkan manusia, peralatan, sumber daya dan informasi. Sistem tersebut adalah design, improvement dan installation. Hal-hal yang dilakukan pada teknik industri adalah menyelesaikan masalah, sistem integrasi, dan meningkatkan produktivitas.

Ada 14 pengetahuan yang dipelajari dalam teknik industri dalam IISE body of knowledge, namun yang pada teknik industri FTMM hanya ada 3 peminatan, yaitu Manufacturing System, Human Factors/Ergonomics, dan Management & System Engineering.

3. Teknik Elektro

Awal mula adanya teknik elektro yaitu dari ilmu listrik pada fisika yang dan kemudian menjadi jurusan untuk pertama kali di Jerman. Ilmu penunjang jurusan teknik elektro adalah matematika, fisika, kimia, dan komputer. Terdapat 5 peminatan di keilmuan teknik elektro, yaitu:

 

  • Teknik Ketenagalistrikan
  • Teknik Telekomunikasi
  • Elektronika
  • Teknik Kendali
  • Teknik Komputer

Teknik elektro FTMM memiliki 2 peminatan, yaitu Sistem Tenaga dan Sistem Kontrol.

4. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan adalah suatu teknik untuk membuat suatu mesin menjadi cerdas yang prosesnya melalui suatu pemrograman. Salah satu dari 4 faktor yang ada setidaknya harus dimiliki kecerdasan buatan yaitu Acting Humanly, Thinking Humanly, Think Rationally, dan Act Rationally.

Sedangkan robotika adalah suatu ilmu yang mempelajari rekayasa robot. Komponen penyusun robot adalah fisik/body, sensor, efektor, dan kontroler & prosesor. Pengklasifikasian robot dibagi menjadi 3, yaitu menurut cara operasi, lingkungan & mekanisme interaksi, dan bentuknya. Lalu terdapat jenis robot lainnya yakni robot augmentasi.

Jadi pada program studi ini fokus untuk mengembangkan penggabungan antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang autonomous.

5. Teknologi Sains Data

Sains data adalah suatu ilmu yang menggabungkan pemrograman/IT, matematika dan statistika, serta domain knowledge. Penggabungan ilmu-ilmu tersebut adalah machine learning, traditional research dan software development. Pengetahuan yang dipelajari digunakan untuk mengambil keputusan dan perencanaan yang strategis. Life cycle dari sains data, yaitu:

 

  • Discovery
  • Data Preparation
  • Model Planning
  • Model Building
  • Communication Result
  • Operationalize

Ilmu yang dipelajari di sains data dapat diaplikasikan pada banyak aspek seperti e-commerce, manufaktur, perbankan, kesehatan, transportasi, dan keuangan. Lulusan dari program studi Teknologi Sains Data dapat menjadi Data Analyst, Data Engineers, dan Data Scientist.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image