Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hima

Empat Hal yang Perlu Dilakukan Pasca SNBT

Sekolah | Saturday, 13 May 2023, 10:04 WIB

 

Sudah menjadi kebiasaan umum jika selesai melakukan sesuatu pekerjaan berat akan melakukan semacam peregangan jiwa. Namun, hal ini kadang tanda disadari akan menciptakan sikap santai berlebihan. Hal ini juga terjadi pada peserta SNBT.

Ilustrasi orang berleha-leha. Sumber: Inilah.com" />
Ilustrasi orang berleha-leha. Sumber: Inilah.com

Tidak ada yang melarang untuk berleha-leha setelah selesai ujian SNBT. Akan tetapi, perlu disadari bahwa perlu banyak hal yang disiapkan. Berikut adalah yang seharusnya dilakukan setelah SNBT:

1. Persiapan Ujian Mandiri

Tentu setiap orang harus optimis dengan kerja keras yang dilakukan. Tetapi akan jauh lebih baik jika mempersiapkan kemungkinan terburuk. Kamu bisa mempersiapkan dari sekarang, apa yang akan kamu lakukan jika tidak lolos SNBT.

Jika tetap ingin kuliah maka persiapkanlah dirimu untuk melakukan ujian mandiri. Persiapan yang dimaksud adalah finansial, tentu karena biaya tes dan biaya masuk yang tidak murah. Persiapan lainnya adalah mental dan jurusan. Jika kamu merasa jurusan yang kamu ambil di SNBT terlalu tinggi, maka kamu bisa menyesuaikannya di ujian mandiri. Perlu diingat bahwa kamu juga perlu mempersiapkan daftar universitas yang ingin kamu ambil saat ujian mandiri.

2. Persiapan Gap Year

Bagi sebagian orang, jika tidak lolos SNBT maka pilihan terbaiknya adalah gap year. Hal ini dikarenakan beberapa alasan, seperti finansial, ingin memperjuangkan universitas impian di SNBT, ataupun memang sengaja memberi jeda pada diri sendiri dari kegiatan pendidikan diri.

Meski gap year, masih ada hal-hal yang perlu disiapkan agar masa satu tahun tersebut tidak sia-sia. Misalnya, kamu bisa mendaftar program volunteering, menambah skill baru, menulis, mempelajari bahasa baru, atau bekerja. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan jika tahun depan ingin mendaftar universitas luar negeri.

3. Membuat CV

Di beberapa universitas, mahasiswa baru harus memiliki CV untuk syarat kelulusan OSPEK. Karenanya, akan lebih baik jika mempersiapkannya mulai saat ini agar nanti bisa mengerjakan pekerjaan lainnya. Perlu diketahui bahwa CV yang digunakan berstandar ATS. Ada banyak portal gratis untuk membuat CV ATS, kamu bisa mempelajarinya dahulu di internet.

4. Melakukan Kegiatan Sosial

Biasanya ada banyak kegiatan sosial yang diiklankan di media sosial. Jenis kegiatan sosial bermacam-macam. Kamu bisa mengikuti salah satu atau beberapa diantaranya sesuai yang kamu minati.

Melakukan kegiatan sosial akan berdampak pada skill yang kamu miliki. Secara tidak sadar, kamu akan memiliki kemampuan berorganisasi, manajemen, hingga publik speaking. Hal ini akan berguna saat kamu mengikuti organisasi kampus nantinya. Selain itu, kegiatan sosial juga bisa menjadi nilai tambah di CV-mu.

Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan setelah mengikuti ujian SNBT. Tentunya 90% peserta SNBT mengingkan lolos diujian masuk perguruan tinggi tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kemungkinan ujian mandiri dan kemungkinan gap year. Selain itu, perlu juga mempersiapkan CV dan mengikuti kegiatan sosial. Lebih dari itu, semoga hasil yang terbaik didapatkan seluruh peserta SNBT 2023 ini. []

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image