Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Goresan Pena Friska

Gandeng Polri, Bukti Gerak Cepat Erick Thohir Dorong Perbaikan Sepak Bola Indonesia

Olahraga | Friday, 12 May 2023, 16:28 WIB
PSSI

Liga 1, sebagai liga sepak bola tertinggi di Indonesia, selalu menjadi sorotan publik. Setiap musim, para penggemar sepak bola di Indonesia selalu menantikan kompetisi Liga 1 dengan penuh antusiasme. Termasuk juga pada tahun ini, masyarakat sudah menantikan dimulainya Liga 1 yang rencananya akan dilaksanakan pada awal Juli nanti.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga sudah mengafirmasi hal tersebut. Tak hanya itu, Erick bahkan sudah melancarkan berbagai kebijakan yang dimaksudkan agar pelaksanaan Liga 1 bisa sesuai dengan rencana yang sudah dicanangkan, serta pelaksanaannya bisa semaksimal mungkin dengan memerhatikan keamanan dan kenyamanan.

Di antara berbagai tindakan yang diambil oleh Erick Thohir, salah satunya adalah dengan cara menggandeng Polri. Tindakan ini bisa kita lihat dari beberapa sudut pandang. Misalnya, langkah ini dimaksudkan untuk memastikan agar pelaksanaan liga bisa sesuai jadwal. Di samping itu, kebijakan ini juga masuk ke dalam tindakan pra pelaksanaan di mana fungsinya sebagai sebuah persiapan agar sektor keamanan saat kompetisi berlangsung bisa terjamin.

Selain itu, sudah sangat tepat bagi Erick untuk membangun komunikasi dengan pihak Polri sebelum kompetisi Liga 1 benar-benar berlangsung. Sebab kita tahu bahwa Polri juga sangat berperan penting dalam pelaksanaan Liga 1 nanti.

Peran Polri

Peran Polri dalam menyukseskan Liga 1 di Indonesia sangat penting, mengingat faktor keamanan selalu menjadi perhatian utama dalam sebuah pertandingan sepak bola. Dalam setiap pertandingan Liga 1, banyak orang yang datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan. Oleh karena itu, ketertiban dan keamanan harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi kerusuhan atau tindakan kekerasan yang dapat membahayakan para penonton dan seluruh elemen yang terlibat dalam pertandingan.

Lebih-lebih hal ini juga memang sudah diatur dalam statuta PSSI di mana memang sudah seharusnya pelaporan jadwal kompetisi dilakukan jauh-jauh hari. Paling tidak sekitar 3-2 bulan sebelum pelaksanaan dilangsungkan.

Ini menandakan bahwa peran Polri dalam hal ini sangat sentral dan apa yang dilaksanakan oleh Erick Thohir sudah sangat sesuai dengan statuta di PSSI.

Hal ini juga menjadi penting sebab jika kita mengacu pada pelaksanaan Liga 1 sebelumnya yang seringkali delay, sehingga sudah semestinya hal itu segera dicarikan solusi yang tepat. Dan Erick Thohir sudah (setidaknya) mengupayakannya dengan cara membangun komunikasi yang baik dengan pihak Polri.

Kita tentu sama-sama yakin bahwa untuk menumbuhkan prestasi sepak bola di Indonesia, salah satu upaya yang mesti dilakukan adalah dengan memperbaiki pengelolaan liga. Dengan cara yang diambil Erick ini, maka liga Indonesia setidaknya sudah berbenah diri dengan tidak lagi terjebak pada kesimpangsiuran terkait jadwal.

Pada akhirnya, apa yang dilakukan oleh Erick ini bisa menjadi role model ke depan terkait pengelolaan liga di Indonesia agar bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image