Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hadyan Adira Perdana

Peran Data Science Dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Teknologi | Friday, 12 May 2023, 15:53 WIB
https://www.freepik.com/free-vector/people-analyzing-growth-charts_12643932.htm#query=data%20science&position=3&from_view=search&track=ais

Perubahan Iklim adalah isu yang saat ini menjadi perhatian semua pihak. Sebagaimana diungkapkan oleh Boateng & Boateng (2015) bahwa Perubahan iklim adalah masalah kebijakan publik terbesar di zaman ini. Mengenai perubahan iklim, United States Global Climate Change Programme (dalam Okoli & Ifeakor, 2014) perubahan iklim didefinisikan sebagai reaksi ekstrem fenomena cuaca yang menciptakan dampak negatif pada sumber daya pertanian, sumber daya air, kesehatan manusia, peni- pisan lapisan ozon, vegetasi dan tanah, yang menyebabkan dua kali lipat dari konsentrasi karbon dioksida dalam ekosistem.

Perubahan iklim saat ini telah mencapai tahap yang semakin parah dibandingkan dengan masa-masa sebelum saat ini, perubahan iklim memberikan banyak efek negatif seperti menipisnya lapisan ozon yang menyebabkan meningkatnya intensitas sinar uv menembus hingga permukaan bumi yang berakibat pada meningkatnya kerusakan pada kulit, menaiknya suhu bumi yang berakibat pada mencairnya es di kutub selatan dan utara sehingga berakibat menaiknya permukaan air yang menyebabkan banyak pulau-pulau kecil tenggelam, perubahan iklim mengakibatkan meningkatnya curah hujan yang berlebih sehingga berpotensi mendatangkan bencanda seperti banjir maupun longsor, hingga perubahan iklim mengakibat kekeringan di berbagai daerah di belahan dunia sehingga mengakibatkan banyaknya konflik sosial baru seperti kelaparan hingga meningkatnya angka kematian akibat kekeringan.

Perubahan iklim disebabkan oleh berbagai macam faktor antara lain dari penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan, polusi dari pabrik yang berlebihan, hingga penggunaan bahan bakar berjenis fosil seperti bensin dan solar pada kendaraan bermotor dan penggunaan batu bara pada pembangkit tenaga listrik. Permasalahan ini tentunya menjadi perhatian kita bersama karena bumi kita saat ini sudah tidak seimbang lagi dan perlu adanya penyeimbangan dari kita manusia agar bumi tetap layak huni hingga generasi berikutnya.

Disini lah peran data science diperlukan, data science dengan kemampuan yang dimiliki dapat memperoleh data dari ilmuwan yang meneliti tentang perubahan iklim dan mengolahnya dengan baik menggunakan pendekatan ilmu statistika dan pemrograman yang mumpuni sehingga menghasilkan suatu hasil dimana keputusan yang dibuat oleh seorang data science dapat menjadi solusi untuk mengatasi perubahan iklim saat ini, berbekal keterampilan dalam pengumpulan data dari para ilmuwan diimbangi dengan kemampuan analisis yang memadai data science dapat menjadi solusi untuk memberikan solusi serta langkah yang paling efektif dalam mengatasi isu perubahan iklim yang makin memburuk kedepannya.

Data science sebagai bidang ilmu multidisiplin tentunya tidak bisa berdiri sendiri dalam menghadapi perubahan iklim, diperlukan bantuan dari disiplin ilmu lain seperti dari disiplin ilmu lingkungan maupun disiplin ilmu lainnya yang berkaitan dengan perubahan iklim, data science perlu bekerjasama dengan berbagai disiplin ilmu tersebut agar data yang didapat oleh seorang data science teruji kebenarannya dan ketika dilakukan analisis serta pengambilan keputusan hasil yang diharapkan dapat sesuai dengan yang diinginkan, selain dari disiplin ilmu lingkungan data science juga perlu bekerja sama dengan pemerintah sebagai pembuat kebijakan, agar ketika dalam membuat kebijakan untuk menghadapi perubahan iklim tidak asal dan berdasarkan hasil analisis dari seorang data science sehingga ketika kebijakan yang didasari hasil analisis objektif dari seorang data science diterapkan maka hasil yang didapat akan baik juga untuk masa depan kita semua.

Isu perubahan iklim ini tentunya menjadi perhatian kita semua diseluruh dunia, segala pihak perlu berkolaborasi satu sama lain untuk mengatasi perubahan iklim yang masif terjadi saat ini. Perubahan iklim dapat kita atasi apabila berbagai pihak seperti ilmuwan, data science, dan juga pemerintah dapat bersinergi, ilmuwan sebagai peneliti, data science sebagai analisis hasil penelitian dari ilmuwan yang sekiranya paling efektif dalam mengatasi perubahan iklim, serta pemerintah yang membuat kebijakan didasari dari hasil penelitian oleh ilmuwan yang hasilnya oleh efektif setelah di analisis oleh data science. Bersama kita pasti bisa mengatasi perubahan iklim yang terjadi demi masa depan generasi penerus bangsa kedepannya.

Daftar Pustaka:

Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). Naskah Kecerdasan Buatan. Kecerdasan Buatan (pp. 1–420).

https://dosenit.com/tekno/data-science#Apa_itu_Data_Science

https://www.alodokter.com/sinar-uv-tidak-hanya-membahayakan-kulit

https://katadata.co.id/intan/berita/62a355592ffd6/7-dampak-perubahan-iklim-bagi-manusia-dan-lingkungan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image