Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Richo wignyo Aji Saputra

Peran Data Science dalam Industri Sepak Bola: Membantu Klub Menemukan Pemain Berkualitas

Teknologi | Friday, 12 May 2023, 06:50 WIB
Ilustrasi Data Science. Sumber: PEXELS/Pixabay

Saat ini, indusri sepak bola terus berkembang dengan cepat. Untuk memenuhi ekspektasi penggemar, tiap klub sepak bola menghabiskan jutaan dolar setiap tahunnya untuk merekrut pemain yang dapat membuat tim mereka menjadi yang terbaik. Namun, mencari pemain yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Banyak perekrutan pemain yang gagal dan tidak memenuhi ekspektasi klub. Itulah mengapa peran data science menjadi semakin dibutuhkan di industri ini.

Sebelum itu, mari kita mengenal terlebih dahulu tentang data science.

Apa itu Data Science?

Secara umum, data science merupakan disiplin ilmu yang memanfaatkan teknologi dan statistika untuk mempelajari tentang bagaimana mengolah dan menginterpretasikan data dengan tujuan menemukan pola-pola tersembunyi dari sebuah data. Data science ini terdiri 3 disiplin yang saling berkaitan, yaitu kemampuan komputasi, statistika-matematika, serta pengetahuan domain. Dalam pelaksanaannya, akan melalui beberapa tahapan seperti pengumpulan data, persiapan data, analisis data, serta interpretasi hasil analisis. Jadi, melalui analisis data, data science dapat membantu pengambilan sebuah keputusan yang akurat berdasarkan data.

Menemukan Pemain yang Berkualitas menggunakan Analisis Data

Sebelum memutuskan untuk merekrut seorang pemain, sebuah klub memerlukan statistik secara keseluruhan dari pemain tersebut. Data science membantu klub sepak bola untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang pemain. Data ini termasuk statistik pertandingan, jumlah gol, umur, posisi bermain, riwayat cedera, dan banyak lagi. Analisis data inilah memungkinkan klub sepak bola untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam merekrut pemain baru.

Sebelum populernya data science, keputusan perekrutan pemain didasarkan pada hasil survei tim pencari bakat. Biasanya seorang pencari bakat akan menonton pemain selama beberapa pertandingan sebelum memutuskan apakah pemain tersebut layak untuk drekrut. Namun, dengan data science, klub sepak bola dapat menganalisis data dari ribuan pertandingan yang dilakukan pemain dan dapat memberi gambaran mengenai pemain tersebut berdasarkan kriteria yang ditentukan.

Algoritma Machine Learning dalam Pengambilan Keputusan Perekrutan Pemain

Salah satu contoh bagaimana data science membantu industri sepak bola adalah dengan memanfaatkan algoritma machine learning. Machine learning dapat melakukan analisis data karakteristik pemain dari ribuan pertandingan dan akan mencari pola dalam statistik pemain tersebut. Klub sepak bola hanya perlu menentukan kriteria yang diinginkan seperti kecepatan, kemampuan dribbling, atau akurasi tembakan. Kemudian algoritma machine learning ini akan memproses permintaan tersebut dan menampilkan pemain yang paling sesuai dengan kriteria yang diinginkan tersebut.

Saat ini sudah banyak situs-situs yang menyediakan informasi terkait karakteristik lengkap pemain sepak bola dengan memanfaatkan algoritma machine learning. Bahkan situs-situs ini juga memiliki informasi mengenai harga pasar pemain sepak bola. Nah, Sekarang bisa diketahui bahwa data science memiliki peran penting dalam industri sepak bola.

Peran lain Data Science dalam Sepak Bola

Selain digunakan untuk pengambilan keputusan dalam perekrutan pemain, data science digunakan klub sepak bola dalam menganalisis risiko cedera pemainnya. Data tentang cedera pemain dapat dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk latihan, pertandingan, dan riwayat perawatan medis. Analisis data ini dapat membantu klub sepak bola untuk mengambil keputusan yang lebih baik dalam menjaga pemainnya sehingga mengurangi risiko cedera.

Selain itu, data science juga bisa membantu tim pelatih untuk meningkatkan kinerja pemain. Melalui data science, tim pelatih dapat melacak statistik individu pemain di setiap pertandingan, seperti jumlah tembakan, assist, dan pelanggaran yang dilakukan. Dengan melakukan analisis data menggunakan metode yang ada pada data science, karakteristik-karakteristik tersebut akan diolah dan akan menghasilkan sebuah keputusan untuk menentukan apakah pemain telah mencapai target kinerja yang ditetapkan oleh pelatih.

Data science telah membawa perubahan besar dalam industri sepak bola untuk membantu sebuah klub agar bisa bersaing di tengah kompetitifnya dunia sepak bola. Klub sepak bola dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam merekrut seorang pemain, mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan kinerja pemain.

Richo Wignyo Aji Saputra - Mahasiswa S1 Teknologi Sains Data, Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image