STRATEGI KEMENKUMHAM TINGKATKAN KUALITAS SDM MELALUI CORPORATE UNIVERSITY

Image
Mumuh Nurmatin
Eduaksi | Thursday, 23 Dec 2021, 15:08 WIB
Training Pelayanan Prima di Kantor Imigrasi Ketapang Kalimantan Barat

Pegawai atau karyawan merupakan aset berharga bagi suatu organisasi dan memiliki peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang sebuah organisasi tersebut. Untuk itu diperlukan strategi dan perencanaan Sumber Daya Manusia yang matang yang sesuai dengan visi dan misi suatu organisasi yang tentunya akan memudahkan pencapaian tujuan dari suatu organisasi.

Proses pelatihan merupakan satu elemen penting dalam merubah pola fikir dan budaya kerja serta membekali pegawai baik soft skill maupun hard skill yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini sejalan dengan amanat Presiden Republik Indonesia yakni pembangunan SDM memiliki peranan yang sangat penting untuk mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi dan kemajuan zaman.

Demikian pula Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai kementerian yang memiliki posisi yang strategis dalam memeberikan pelayanan terbaik yang humanis kepada masyarakat sangat diperlukan SDM yang kompeten dalam memberikan pelayanan prima yang berkualitas kepada masyarakat.

Untuk tujuan tersebut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berupaya untuk mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan menerapkan strategi Corporate University.

Corporate University merupakan pendekatan pembelajaran bagi organisasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk pengembangan pegawai dengan tujuan mendukung kinerja organisasi melalui sistem pembelajaran yang berkesiambungan.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto mengungkapkan pentingnya penerapan Corporate University di lingkungan kemenkumham: "ASN Kemenkumham harus ada peningkatan kompetensi yang signifikan. Salah satu langkahnya yaitu dengan Corporate University," demikian Bambang pada Rapat Koordinasi Percepatan Progres Kinerja Unit Sekretariat Jenderal, Rabu (13/11/2019).

Adapun tujuan dari diterapkannya strategi Corporate University di lingkungan kemenkumham adalah untuk melatih para pegawai agar dapat menjalankan tugasnya dengan tepat dan efisien. Selain itu tujuan membangun Corporate University ini untuk meningkatkan kompetensi ASN.

"Dengan adanya perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, salah satu langkah yang paling tepat adalah dengan (membangun) Corporate University," demikian ungkap Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto di Ruang Rapat 551 Gedung Sekretariat Jenderal.

Dalam Implementasinya Corporate University dilakukan Kementerian Hukum dan HAM melalui metode pembelajaran secara daring maupun luring terhadap seluruh Unit Kerja. Pembekalan kometensi dilakukan sejak pegawai baru di terima melalui Pelatihan dasar dan terus dilakukan secara berkesinambungan melalui Pendidikan teknis maupun strategis.

Sementara penerapan Corporate University di lingkungan Unit Kerja berupa inhouse training baik dilakukan oleh pimpinan kepada pegawai atau dilakukan oleh pegawai yang memiliki kapabilitas ataupun dengan menggandeng pihak luar seperti dari Hotel atau bank misalnya dalam bidang pelatihan pelayanan prima bagi pegawai.

Corporate University telah banyak digunakan di perusahaan swasta untuk meningkatkan efektifitas proses dan dampak pembelajaran internalnya dan telah berhasil menunjang penyediaan SDM unggul melalui proses pembelajaran yang selalu dapat dimonitor, diukur dan diperbaharui sesuai road map dan kebutuhan dinamika dalam perusahaan.

Semoga dengan penerapan Corporate University di lingkungan kementerian Hukum dan HAM dapat membawa perubahan besar dalam pengembangan Sumber Daya Manusia ASN dan mampu meningkatkan kapasitas pegawai serta dapat meningkatkan daya saing ASN di Kementerian Hukum dan HAM sehingga mampu memberikan pelayanan yang prima dan paripurna bagi masyarakat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Analis Keimigrasian pada Kementerian Hukum dan HAM

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Membuat QR Code Untuk WIFI DI Coffeshop

Image

Wilayah yang Kental dengan Pendidikan di Indonesia

Image

HUT RI ke-77, Sebanyak 259 Narapidana Rutan Jepata Terima Remisi Umum 3 Diantaranya Langung Bebas

Image

Tiga Keuntungan Investasi Reksa Dana yang Tak Banyak Diketahui Orang

Image

PSMTI DIY Menggelar Donor Darah, Peringati HUT RI ke-77

Image

PENELITIAN SEPUTAR PENCARIAN KATA KUNCI INTERIOR KAMAR

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image