Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jovita Suryo Angeline

Ini Perbedaan Statistika, Sistem Informasi dan Sains Data! Mana yang Lebih Baik?

Edukasi | Thursday, 11 May 2023, 08:57 WIB

Buat kalian yang masih pilih-pilih jurusan dan masih bimbang mikir jurusan mana sih yang cocok dan pas? Terus apa sih bedanya dan mempelajari apa aja di jurusan ini, kalian lagi baca artikel yang tepat! Dan buat yang udah keterima tapi masih bingung apa perbedaannya, boleh banget disimak yuk jadi ga kaget gambaran yang dipelajari pas udah masuk nanti.

Apa itu jurusan Sains Data? Pasti banyak dari kalian yang baru denger dan masih agak asing sama nama jurusan ini ya? Sains Data atau Data Science adalah studi yang mempelajari tentang pengolahan dan interpretasi data menggunakan matematika serta statistika tingkat lanjut dan bahasa pemrograman.

Sains Data ini ilmu multidisipliner yang dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti di bidang kesehatan, pemerintahan, bisnis, perbankan, keuangan, manufaktur, pemasaran, dan lain-lain. Pada program studi ini kalian akan diajak untuk melakukan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dengan pengambilan keputusan yang tepat agar hasilnya dapat maksimal serta tepat sasaran.

sumber : google.com

Fokus Sains Data sendiri dibagi menjadi lima, yaitu data engineering, data mining, machine learning, deep learning, dan data visualization. Data Engineering merupakan proses pengelolaan arsitektur data. Kedua, Data Mining, pengambilan informasi penting dari big data. Ketiga, Machine Learning, pembelajaran yang dilakukan oleh mesin. Keempat, Deep Learning, machine learning algoritma dari otak manusia. Terakhir, Data Visualization, menerjemahkan data ke bentuk visual.

Sedikit gambaran yang akan dipelajari di jurusan ini adalah sebagai berikut : Komunikasi dan Visualisasi Data, Statistika, Pemrograman, Machine Learning, Kalkulus & Aljabar, Pemetaan Data, Software Engineering, dan masih banyak lagi. Disini mahasiswa juga dituntut untuk belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik agar pengolahan data yang dihasilkan dapat disampaikan dengan baik.

Loh, terus apa bedanya sama Statistika dan Sistem Informasi dong? Bisa dibilang Sains Data ini campuran dari Sistem Informasi dan Statistika atau Sains Data termasuk dari Statistika maupun Sistem Informasi? Bingung ya, coba kita bahas sedikit tentang 2 jurusan ini yuk!

Jadi, apa itu Sistem Informasi? Singkatnya sistem informasi merupakan pertemuan antara ilmu komunikasi, managemen dan teknologi informasi. Sering kita salah paham mengenai pemahaman sistem informasi sebagai teknologi informasi semata, tapi pernyataan tersebut kurang tepat. Sistem informasi adalah sekumpulan proses pengumpulan, pengolahan data, penyimpanan dan penyampaian informasi, pengetahuan dan produk digital.

Sedangkan Statistika adalah jurusan yang mempelajari proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penganalisisan data untuk kemudian dijadikan pijakan pengambilan keputusan. Jurusan Statistika merupakan bagian dari studi Matematika, lho. Hanya saja fokus utamanya adalah pengolahan data.

Oh iya, sebelum adanya Prodi Sains Data pada jenjang S1, orang-orang yang saat ini bekerja mengurus big data memiliki latarbelakang pendidikan yang beragam. Karena sifatnya yang multidisipliner atau transdisiplin. Sains Data dapat dipelajari melalui beberapa jurusan atau prodi seperti Teknik Informatika, Matematika, atau Statistika.

Nah, makanya tadi udah disebutin diatas bahwa Sains Data ini campuran dari jurusan Statistika dan Sistem Informasi. Tetapi beberapa sumber mengatakan bahwa Sains Data ini gabungan dari tiga jurusan, termasuk Teknik Informatika. Namun pada Sistem Informasi sendiri juga merupakan gabungan Teknik Informatika dan Bisnis/Management kan?

Oke, karena kalian udah tau perbedaann Statistika, Sistem Informasi, dan Sains Data, ayo kita balik bahas tentang Sains Data lagi! Pada dasarnya, Sains Data mempelajari data yang terstruktur dan tidak terstruktur. Data yang dianalisis dalam Sains Data khususnya bersifat kuantitatif atau numerik, yang dipelajari juga pada Jurusan atau Prodi Statistika, Aktuaria, dan Matematika.

Lahirnya era Revolusi Industri 4.0 diiringi dengan banyaknya teknologi baru yang bermunculan menjadikan Sains Data sebagai ilmu yang banyak dipelajari. Apalagi kini, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan Big Data dalam melakukan analisis untuk mengembangkan bisnis. Fungsi ilmu Sains Data dalam era digital dan big data saat ini cukup penting karena begitu banyak tersedia data.

Data menyediakan informasi yang dapat menentukan keputusan penting dalam berbagai sektor industri. Kepo ga, lulusan Data Science bisa jadi apa aja? Banyak bidang yang bisa kita jangkau loh, dari Data Scientist, Data Engineer, Data Analyst, dan lain sebagainya.

Nah, jadi buat kamu yang tertarik sama data dan pemecahan masalah, jurusan ini bakal cocok banget! Di jurusan ini kamu akan mempelajari banyak hal sekaligus dalam satu jurusan dan akan sering bergulat dengan data, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Karena ilmu yang ada di jurusan Sains Data bersifat multidisipliner yang mencakup berbagai macam disiplin ilmu lainnya. Jadi selain belajar tentang matematika, dan statistika, kamu kamu juga akan bertemu dengan beberapa ilmu penunjang lainnya seperti algoritma pemrograman, text mining, hingga artificial Intelligence (AI).

Di Perguruan Tinggi mana aja ya yang ada jurusan Sains Data? Memang belum terlalu banyak kampus yang membuka jurusan ini di Indonesia, tapi bisa simak dibawah ini ya! Kampus yang menyediakan Jurusan Sains Data diantaranya ada :

· Universitas Airlangga (UNAIR)

Gimana nih? Kira-kira kalian tertarik ga sama jurusan ini?

Penulis : Jovita Suryo Angeline (164221094), Mahasiswa Prodi Teknologi Sains Data Angkatan 2022

DAFTAR PUSTAKA

Upnjatim.ac.id (Mengenal Lebih Dekat Prodi Sains Data Diakses pada 04 Mei 2023, dari https://sada.upnjatim.ac.id/kata-sambutan/#:~:text=Sains%20Data%20merupakan%20ilmu%20terapan,penting%20dalam%20berbagai%20sektor%20industri.

Teknologi.id. (2018, 21 Desember). Inilah Perbedaan antara Computer Science dan Data Science!. Diakses pada 04 Mei 2023, dari https://teknologi.id/insight/perbedaan-antara-computer-science-dan-data-science

https://ftmm.unair.ac.id/mengenal-teknologi-sains-data-ftmm-universitas-airlangga/

Brainacademy.id. (2022, 29 April). Jurusan Sains Data, Prodi Primadona di Era Digital?. Diakses pada 18 Februari 2023, dari https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-sains-data

Akupintar.id. (2022, Agustus). Jurusan Data Science di Indonesia: Ketahui Bagaimana dan Di Mana Kuliahnya. Diakses pada 18 Februari 2023, dari https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-data-science-di-indonesia-ketahui-bagaimana-dan-di-mana-kuliahnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image