Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sri Lestari

Pemerolehan Bahasa pada Anak

Eduaksi | Thursday, 11 May 2023, 06:05 WIB

Moms tahu tidak ? bahwa bahasa yang anak gunakan dalam berkomunikasi sehari-hari itu bersumber dari apa saja? Nah pada artikel ini penulis akan menjelaskan sedikit mengenai pemerolehan Bahasa pada anak

Komunikasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menerima dan mendapatkan informasi bagi manusia untuk bisa bersosialisasi dengan yang lain, begitupun dengan Bahasa menjadi lalu lintas dalam berkomunikasi.

Setiap anak yang normal tumbuh kembangnya akan memperoleh Bahasa baik itu Bahasa ibu maupun lainnya, nah mom’s ada yang perlu dicatat ya bahwa pemerolehan Bahasa ini tidak berhubungan dengan kecerdasan pada si buah hati kita artinya semua anak akan mendapatkan bahasanya

Dalam kehidupan tumbuh kembang anak pemerolehan Bahasa terbagi menjadi 2 yaitu : Bahasa pertama dan Bahasa kedua. Bahasa pertama manusia diperoleh secara alami artinya terjadi tidak ada campur tangan mana pun, karena semua anak normal akan memperoleh Bahasa dari ibunya

Kemudian, Bahasa Kedua diperoleh anak melalui proses yang ia pelajari. Saat anak mulai mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan dia memperoleh kemampuan Bahasa secara bertahap. Ada beberapa proses pemerolehan Bahasa pada anak yakni ;

Pemerolehan fonologis, tejadi saat anak masih yang masih dini, dimana dia mulai menirukan bunyi-bunyi yang belum jelas, nah waktu yang penting bagi mom’s dalam memberikan rangsangan bunyi bagi anak yaitu saat ia diberi susu, pada saat dimandikan, dan saat mengganti popok.

Pemerolehan morfologis, terjadi saat anak mulai menghasilkan kata-kata dan kalimat sederhana yang terdiri dari dua kalimat kata.

Pemerolehan sintaksis, pada saat ini saat dimana anak mulai berbahasa dengan mengucapkan satu kata dalam kalimat seperti abi mau sepeda, bi ( abi) Au (mau) eda (sepeda)

Pemerolehan semantik, mulai terjadi saat anak memperkaya kosa kata bahasanya. Selanjutanya, ada tahap-tahap pemerolehan Bahasa ibu, terjadi empat tahap yakni ; tahap ocehan dimana sang anak mulai mengoceh ketka usia 6 bulan, Tahap satu kata pada tahap ini sang anak berusia 1 tahun mulai menggunakan kata dari bunyi-bunyi , tahap dua kata tahap dimana sang anak mulai mengucapkan ujaran dua kata seperti Mi-Cu artinya minta susu, setelah dua tahun anak mulai berada ditahap telegrafis yaitu tahap dimana anak dapat menguraikan tiga kata maupun lebih, pada saat usia ini anak akan mulai berkembang menggunakan bahasanya hingga ia bisa Menyusun kalimat dengan sempurna.

Nah, itulah sekelumit dari penjelasan tentang Bahasa yang diperoleh anak. Artikel ini bersumber dari buku yang berjudul Gangguan Berbahasa karya Rohmani Nur Indah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image