Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Arkeolog Ungkap Misteri Gua Kerangka Canary Spanyol

Info Terkini | Wednesday, 10 May 2023, 10:21 WIB
Tim Arkeolog tengah mengungkap misteri ditemukannya 6 kerangka pria di Gua canary Spanyol. (foto: ThomsonReuters/SSDarindo)

Para arkeolog di pulau Gran Canaria di Spanyol bingung: siapa enam pemuda yang kerangkanya ditemukan tertelungkup, tangan diikat dan ditutupi batu di gua sisi tebing?

Bukti di situs Caleta de Arriba menunjukkan kematian yang kejam berabad-abad yang lalu yang mungkin terjadi sebelum penaklukan Spanyol pada abad ke-15 atas kepulauan di barat laut Afrika.

"Mereka tidak dikubur dalam arti sempit... Ini adalah praktik penguburan yang menunjukkan kekerasan simbolis yang sangat kuat," jelas Veronica Alberto, kepala penggalian.

Mayat-mayat itu diletakkan dengan paksa di permukaan berbatu dan kemudian dilempari batu, katanya kepada Reuters. Beberapa memiliki tali atau ikatan di anggota tubuh mereka.

"Ini bisa jadi penguburan Aborigin, tetapi karena karakteristik situs arkeologi kita perlu memperluasnya dan mempertimbangkan bahwa mereka mungkin berasal dari periode lain setelah penaklukan, dari abad 16, 17, 18," tambah Alberto.

Tanpa objek untuk membantu menentukan periode, para ilmuwan sedang menunggu uji penanggalan radiokarbon pada tulang.

Para arkeolog yang menggunakan tali pengaman saat bekerja di medan terjal itu mengatakan, itu bukan kuburan biasa karena mereka hanya menemukan laki-laki. Keenamnya memiliki lengan yang kuat, menunjukkan bahwa mereka terlibat dalam jenis aktivitas fisik yang sama. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image