Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nabil Fadyah

Corkcicle Si Botol Sultan?

Gaya Hidup | Tuesday, 09 May 2023, 10:34 WIB

Seiring berkembangnya zaman kebutuhan manusia lambat laun kian dinamis. Dewasa ini manusia lebih mengejar efisiensi dari adanya sebuah produk. Semakin praktis dan berbobot manfaat yang dijanjikan dari produk tersebut tentu akan menarik minat calon konsumennya.

Baru baru ini tengah ramai tren produk bernama Corkcicle. Kamu sudah pernah dengar sebelumnya? Yup, Corkcicle merupakan sebuah botol tumblr yang memiliki fungsi utama yaitu menyimpan minuman. Tren ini pertama kali diramaikan oleh para karyawan SCBD dengan mengunggah konten foto maupun video bersama tumblr mahal tersebut seolah sedang memamerkannya.

Terlepas dari trennya yang sangat menjamur, produk ini memiliki penawaran unik yang membedakan ia dari botol lainnya. Corkcicle diklaim dapat menahan suhu minuman di dalamnya hingga belasan jam. Lambat laun Corkcicle menjadi ‘tanda’ dari sebuah status sosial. Punya Corkcicle tandanya kamu sultan? Tidak dapat dipungkiri dengan harganya yang selangit itu, memilikinya tentu ada perasaan bangga dalam dirimu.

Lantas haruskah membelinya? Sebenarnya Corkcicle tidak jauh berbeda dari botol tumblr pada umumnya. Sama sama memiliki kegunaan utama untuk menyimpan dan menjaga suhu minuman di dalamnya. Bahkan masih banyak botol tumblr yang lebih affordable dan memiliki kualitas yang tak jauh berbeda dari produk tersebut.

Apabila kamu seseorang yang lebih mementingkan fungsi utama dari sebuah barang, Corkcicle nampaknya kurang cocok denganmu. Sebaliknya, apabila kamu seseorang yang menyukai barang sekaligus ingin mengikuti tren yang ada, Corkcicle sangat cocok untukmu yang sedang mencari botol tumblr.

Meskipun terkenal akan ‘nilai sosial’-nya, Corkcicle tidak melupakan klaim dan kegunaan utama produk mereka. Hal tersebutlah yang menjadi alasan produk ini masih eksis di pasaran sejak 2011. Diproduksi dengan 3 lapis bahan insulasi membuat produk ini dapat menahan suhu minuman hingga belasan jam.

“Untuk menjaga temperature ini produk oke banget. Walaupun keliatannya kecil tapi bisa muat untuk segelas kopi,” ujar Qisthas Noerman pada konten tiktoknya, Sabtu (17/9/2022)

Dalam video tersebut Qisthas menyebutkan bahwa klaim produk tersebut memang nyata adanya. Ia mereview tumblr Corkcicle x Starbucks miliknya yang ia beli setahun lalu. Kondisi tumblr milik Qisthas juga masih baik dan berfungsi seperti saat pertama ia membelinya.

Corkcicle menggunakan strategi Word of Mouth sebagai strategi pemasaran utamanya. Sederhananya, Word of Mouth adalah strategi pemasaran yang dijalankan dari mulut ke mulut. Seperti contoh, seseorang membeli tumblr Corkcicle dan menyukainya kemudian ia merekomendasikan produk tersebut kepada orang di sekitarnya.

Strategi dalam menjalankan Word of Mouth antara lain bisa dilakukan dengan cara memprioritaskan kualitas layanan produk, menggunakan media komunikasi yang mudah, menunjukkan fungsi utama dan keunggulan produk, serta dapat juga menggunakan jasa influencer untuk mereview produk tersebut.

Baru baru ini Corkcicle menggunakan social media marketing sebagai metode pemasarannya. Dari hasil sebuah servey,Sosial Media Marketing Corkcicle termasuk kedalam kategori Baik dengan nilai sebesar 81,27% atau nilai skor total 3251 dari 4000. Marketing Mix Corkcicle termasuk kedalam kategori Baik dengan nilai sebesar 79,2% atau nilai skor total 3562 dari 4500. Minat Beli Corkcicle termasuk ke dalam kategori Baik dengan nilai sebesar 77,3% atau nilai skor total 3092 dari 4000. Brand Image Corkcicle termasuk kedalam kategori Baik dengan nilai sebesar 76,57% atau nilai skor total 2680 dari 3500. (Kirana, S., & Madiawati, P. N, 2023).

Brand image sangat berpengaruh terhadap pemasaran Corkcicle. Produk ini memiliki branding yang baik kepada masyarakat, terlebih Corkcicle sering mempresentasikan masyarakat menengah ke atas sebagai penggunanya.

Social media marketing sangat tepat digunakan di era saat ini. Dengan kecepatan internet yang bisa diakses oleh semua orang membuat nama Corkcicle dengan cepat melejit dan menemukan calon konsumennya. Tak heran dengan klaim yang ia tawarkan Corkcicle belakangan sangat tenar di berbagai macam sosial media.

Dengan dua strategi pemasaran yang mereka gunakan, Corkcicle kini semakin eksis dan mampu bersaing di pasaran. Corkcicle juga telah membuka gerainya di Indonesia yang berlokasi di Grand Indonesia Mall dan Plaza Senayan. Terbukti strategi pemasaran yang mereka lakukan bekerja sangat baik.

Tidak dapat dipungkiri Corkcicle memang sangat sesuai dengan gaya hidup milenial yang praktis, bermanfaat, dan mengandung unsur aesthetic tentunya. Tak heran jika Corkcicle masuk ke dalam wishlist kebanyakan anak muda zaman sekarang. Jadi kamu mau mencobanya?

Sources :

Kirana, S., & Madiawati, P. N. (2023). Peran Social Media Marketing dan Marketing Mix Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Corkcicle Melalui Brand Image. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 25(1), 54-63.

https://sevenads.id/blogs/corkcicle-botol-sultan-viral-strategi-apa-sih-yang-digunakan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image