Investasi Tuh Tak Serumit yang Dibayangkan, Mulai Aja dari Reksa Dana

Image
Dhea Anggraini
Bisnis | Thursday, 23 Dec 2021, 11:42 WIB

Siapa pun yang baru pertama kali mendengar atau ditawari yang namanya investasi, biasanya ada yang langsung nggak tertarik karena kesannya rumit dan butuh modal gede.

Padahal investasi di era digital saat ini sudah nggak seperti yang dibayangkan. Apalagi yang namanya investasi di pasar modal, entah itu reksa dana, obligasi, saham dan ETF, investasi sudah nggak serumit yang dibayangkan.

Biasanya nih, orang sudah pusing duluan saat melihat angka-angka yang biasanya terpampang di layar dalam perdangangan hariannya. Padahal angka-angka itu tak serumit yang dibayangkan.

Masyarakat awam "terkesan" trauma dengan deretan angka yang lantas diidentikkan dengan itung-itungan matematika yang rumit dan sulit. Padahal tawaran deretan angka yang merujuk pada harga itu tinggal dipilih yang terbaik.

Pandangan keliru tentang pasar modal begini memang tidak mudah dihilangkan karena sudah terpatri di benak pikiran masyarakat secara terus-menerus melalui lisan mulut ke mulut.

Kalau pun masih menganggap investasi di pasar modal itu rumit, toh saat ini sudah bisa dimulai dengan mudah dengan memilih investasi reksa dana terlebih dahulu. Investasi reksa dana ini tergolong paling mudah dan cocok untuk yang masih awam atau pemula (newbie).

Reksa dana adalah pintu masuk bagi masyarakat awam yang ingin memulai investasi di pasar modal. Sebagai pintu masuk bagi pemula, investasi ini nggak rumit dan nggak butuh modal gede seperti yang dibayangkan. Return (imbal hasil) yang bakal diterima sudah tentu di atas bunga deposito.

Nggak rumit karena mulai dari registrasi hingga transaksi sudah serba online berbasis aplikasi. Salah satu aplikasi yang demikian ini adalah aplikasi IPOT yang di dalamnya sudah tersemat platform IPOTFund.

IPOTFund adalah supermarket reksa dana terlengkap di Indonesia milik PT Indo Premier Sekuritas yang menjajakan 273 reksa dana pilihan dari 43 Manajer Investasi (MI).

Kemudahan lainnya, yakni investor yang nggak perlu ribet karena begitu produk reksa dananya terbeli tinggal duduk manis menunggu hasil kinerja MI yang mengelonya. Investor juga nggak perlu memantau market karena itu sudah dikerjakan oleh MI. Investor benar-benar tinggal menunggu hasil kerja MI. Cara yang demikian ini tentu saja nggak serumit yang dibayangkan.

Selanjutnya dari sisi permodalan, masyarakat awam tak perlu khawatir karena untuk memulai investasi reksa dana ini bisa dimulai dengan Rp100.000 saja. Ini tentu di luar bayangan kebanyakan awam yang menganggap investasi reksa dana butuh modal gede. Di masa lalu memang butuh modal gede, tapi saat ini sudah sangat terjangkau agar bisa dinikmati juga oleh investor dengan modal kecil.

Sebagai pilihan awal dalam investasi di pasar modal, tentu jika sudah mahir dan mampu maka bisa naik kelas ke pilihan seperti saham yang tentu membutuhkan skill khusus. So, sekarang jadi tahu cara memulai investasi di pasar modal dengan mudah melalui reksa dana. Kini sudah saatnya investasi karena #SemuaBisaInvestasi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

3 Prinsip Pengelolaan Reksa Dana Syariah

Seluk-Beluk Investasi Saham Syariah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel mengikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

5 Genre Musik yang Terus Berkembang di Dunia

Image

Pameran dan Bursa Lukisan, Memaknai Kemerdekaan di Bulan Suro

Image

Humas Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Terima Penguatan Tusi Kehumasan dari Sekjen Kemenkumham RI

Image

TNI Siap Ditugaskan untuk Negara

Image

Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah Ke 72

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image