Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nismara Andini

Mengenal Data Science: Membuka Pintu Karir Paling Menjajikan di Era Digital

Teknologi | Tuesday, 09 May 2023, 07:06 WIB
Sumber: Wrightstudio

Di era digital yang semakin maju ini, data science merupakan bidang yang berkembang pesat. Apalagi mengingat jumlah data yang besar dan semakin kompleks membuat data science dianggap semakin penting bagi berbagai sektor industri, bisnis, kesehatan, pemerintahan, perbankan hingga pemerintahan.

Kenapa sih data science dianggap penting? Karena dengan penggunaan teknologi dan metodologi yang tepat, data science dapat membantu memberikan informasi yang berguna untuk pembambilan keputusan. Data science adalah disiplin ilmu yang mempelajari, mengumpulkan, mengolah, dan menganasilis data dalam skala yang kecil sampai data dengan skala yang besar dengan akurat, untuk memprediksi dan membantu dalam membuat suatu keputusan atau kebijakan dengan lebih baik dan efektif.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang ingin terjun ke dalam bidang ilmu ini. Lulusan disiplin ilmu ini sangat menjanjikan dan banyak perusahaan dari startup hingga perusahaan besar yang mencari dan membutuhkan seorang data saintis untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan bisnis, seperti untuk menganalisis data preferensi dan perilaku pelanggan untuk membangun strategi pemasaran yang lebih efektif, untuk memprediksi permintaan produk atau jasa dimasa depan berdasarkan analisis data yang berkaitan. Selain itu, data scientist adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Hal ini membuat banyak orang yang berminat dalam bidang data science.

Lalu bagaimana cara menjadi seorang data scientist? Untuk menjadi seorang data scientist syarat yang paling penting adalah dengan pendidikan yang memadai. Sebelum itu, kita harus memastikan bahwa bidang seperti matematika dan sains komputer adalah passion dan hobi kita. Pada disiplin ilmu ini mempelajari:

1. Matematika dan statistika

2. Pemrograman

3. Data mining

4. Data engineering

5. Database dan big data

6. Visualisasi data

Tetapi jangan khawatir, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tersebut. Pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat kita peroleh melalui Pendidikan formal, pelatihan atau boothcamp tentang data science, les privat, membaca buku dan literatur, dan masih banyak lagi.

Untuk Pendidikan formal sendiri, sebelum adanya prodi Sains Data pada jenjang S1. Seorang data scientist memiliki berbagai atar belakang pendidikan, karena data science sifatnya multidisipliner dan dapat dipelajari melalui beberapa prodi seperti teknik informatika dan statistika. Namun, seiring dengan meningkatnya peminat pada bidang ini, beberapa universitas dan intitusi pendidikan di Indonesia membuka bidang ilmu data science. Kampus tersebut yaitu:

1. Universitas Airlangga

2. Institut Pertanian Bogor

3. Institus Teknologi Sumatera

4. Telkom University

5. Universitas Nusa Mandiri

Nah! Bagi kalian yang berminat di bidang data science, bisa mempertimbangkan untuk masuk ke universitas-universitas tersebut untuk mempelajari data science lebih dalam.

Nismara Andini – Mahasiswa S1 Teknologi Science Data, Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image