Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Petani Milenial Pandeglang Muhammad Teguh Arrosid Jadi Young Ambassador Agriculture 2023

Eduaksi | Saturday, 06 May 2023, 10:08 WIB
Muhammad Teguh Arrosid (tengah) didampingi Kepala DPKP Pandeglang Dr Nasir SP, MBA, MP dan Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Ira Darmawati (foto istimewa)***
Muhammad Teguh Arrosid (tengah) didampingi Kepala DPKP Pandeglang Dr Nasir SP, MBA, MP dan Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Ira Darmawati (foto istimewa)***

Seorang petani asal Kampung Curuggaru Desa Kadugemblo Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang Muhammad Teguh Arrosid terpilih menjadi ‘young ambassador agriculture’ (duta petani muda red)

Muhammad Teguh Arrosid berhasil lolos sebagai finalis 50 besar Young Ambassador Agriculture 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) di IPB International Convetion Center pada 2 – 5 Mei 2023

"Muhammad Teguh Arrosid adalah perwakilan petani Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang ditugaskan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang guna mengikuti kegiatan grant final dan pengukuhan young ambassador agriculture Kementerian Pertanian 2023," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP.MBA., MP, Jumat (5/5/2023).

Menurut dia, Muhammad Teguh Arrosid adalah petani milenial yang merupakan mahasiswa dan pengusaha muda bidang pertanian yang tidak hanya sukses berbisnis tetapi juga berkomitmen untuk mengembangkan pertanian, UMKM dan sektor wisata di Provinsi Banten.

"Sebelum dikukuhkan sebagai young ambassador agriculture, Muhammad Teguh Arrosid telah mengikuti beberapa tahapan mulai dari tahap seleksi administrasi dari 1.051 peserta yang mendaftar pada awal Januari 2023 dan terpilih menjadi 90 peserta yang mengikuti bootcamp (pembekalan red) di Depok pada 23-28 Februari 2023," katanya.

Sebagai satu satunya young ambassador agriculture di Provinsi Banten, Muhammad Teguh Arrosid bertugas membagikan informasi, pengalaman dan keberhasilan dalam menjalankan usaha di bidang pertanian yang tetap mengedepankan aspek sosial di masyarakat, dalam hal ini diharapkan wirausahawan muda pertanian tidak hanya mengejar pada keuntungan semata, namun juga peduli pada lingkungan masyarakat utamanya petani kecil (agrosociopreneur).

"Sebagai duta petani muda, Muhammad Teguh Arrosid bertugas untuk menumbuhkembangkan agrosociopreneur, meningkatkan citra positif pertanian melalui perubahan cara pandang pemberian informasi dan motivasi sebagai representasi duta muda pertanian di Provinsi Banten," imbuhnya.

Sementara itu, Muhammad Teguh Arrosid mengaku dirinya seorang petani, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan saat ini masih menyandang status sebagai mahasiswa semester 6 di Fakultas Pertanian Untirta, Serang Banten

Menurut pemuda kelahiran 18 April 2002 ini, dia mulai merintis dan menekuni sebagai petani muda dan berwirausaha dibidang pertanian sejak tahun 2021 dan sejak saat itu aktif sebagai pemateri, narasumber maupun guru tamu diberbagai event, kegiatan dan acara terkait dengan isu pembangunan pertanian, UMKM dan wisata di Provinsi Banten.

Berbekal pengalaman tersebut dan prestasinya mengikuti berbagai ajang lomba karya ilmiah, mahasiswa berprestasi yang akrab disapa Teguh ini mendaftarkan diri secara online sebagai calon young ambassador agriculture yang diselenggarakan oleh Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Teguh mengatakan, dalam proses pemilihan young ambassador dia menjelaskan salah satu usaha yang sedang dijalaninya yakni produk olahan hasil pertanian.

"Berbekal pengetahuan tentang produk herbal yang saya pelajarii di Fakultas Pertanian, saya mengolah Bunga Telang menjadi berbagai produk olahan berupa aneka minuman (teh celup dan teh tubruk) maupun makanan yang sehat (agar-agar dan nasi jingga)," ungkap Teguh, yang dihubungi melalui saluran telepon WhatsApp, Jumat malam sekira 19.00 Wib (5/5/2023).

Kini, Teguh sudah menjadi salah satu Young Ambassador Agriculture Kementerian Pertanian 2023 yang akan bertugas selama setahun.

Dirinya mengucapkan terima kasih banyak atas do'a dan support-nya untuk semua, orangtua, guru-guru, teman-teman, dinas terkait, kampus Untirta, dan semua elemen yang telah terlibat dalam proses pemilihan Young Ambassador Agriculture Kementerian Pertanian 2023

"Ini merupakan amanah besar. Semoga teman-teman semua terus mendukung tiap langkah saya untuk Pertanian yang makin akrab di telinga dan tangan anak muda. Sehingga, regenerasi petani, kedaulatan pangan negeri tak kan pernah usai sampai kapanpun nanti," harapnya. (Ade Setiawan)***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image