Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Widiarini

Pendidikan Madrasah Bergerak Majukan Pendidikan Nasional

Info Terkini | Thursday, 04 May 2023, 19:36 WIB

Sebagai sebuah bangsa yang telah merdeka 77 tahun yang lalu, menjadi sebuah keharusan bangsa Indonesia dapat meneruskan perjuangan para pahlawan. Perjuangan dalam ranah pendidikan adalah sebuah hal yang niscaya. Memperkuat sistem pendidikan yang inklusif dan merata, memberikan akses pendidikan yang lebih luas bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan contoh agenda pendidikan yang mulia.

Ingat pesan Bung Karno dalam “Jas Merah” alias jangan sekali-kali melupakan sejarah. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara menghargai pengorbanan para pahlawan dengan menjaga peninggalan sejarah dan memperbaiki fasilitas pendidikan yang ada, serta meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat bersaing di tingkat global.

Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun sebuah negara. Pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengurangi tingkat kemiskinan, dan meningkatkan produktivitas ekonomi. Selain itu, pendidikan juga dapat membentuk karakter dan nilai-nilai positif pada generasi muda, serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei di Indonesia. Hari tersebut ditetapkan untuk mengenang lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dianggap sebagai pelopor pendidikan bagi rakyat Indonesia. Tujuan dari peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah untuk memperkuat semangat nasionalisme dan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa.

Amanat pembina upacara oleh Kepala MAN 2 Cilacap Drs. Muntohar saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman utama MAN 2 Cilacap. (dok. pribadi/wa)

“Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023. Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini seyogyanya bukan hanya seremoni semata. Ini semestinya menjadi komitmen kita bersama untuk terus mempercepat transformasi pendidikan agama dan keagamaan. Salah satunya saya menyampaikan bahwa madrasah siap untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar,” ungkap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Surabaya, Selasa (2/5/2023).

Berdasarkan data yang dihimpun, pada 2022 sebanyak 2. 471 lembaga madrasah menerapkan kurikulum merdeka. Dan pada 2023 ini terdapat 26. 169 lembaga madrasah dari jenjang RA, MI, MTs, MA/MAK menerapkan kurikulum merdeka. Data tersebut menunjukkan antusiasme warga madrasah menerapkan kurikulum merdeka dan pertanda madrasah berani berubah. Antusiasme warga madrasah ini perwujudan sikap kepeduliannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pendidikan madrasah terus berbenah, bergerak, bersinergi bersama lembaga pendidikan lainnya semarakkan merdeka belajar.

Adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cilacap telah 47 tahun mendedikasikan lembaga pendidikan madrasah dengan terus berupaya berperan aktif mengimplementasikan pendidikan yang Hebat Bermartabat dan kini Madrasah Mandiri Berprestasi. Tampil berani, selalu up to date dalam pergerakan kualitas pendidikan. Beberapa kegiatan positif yang telah dan sedang dilakukan untuk mendukung pendidikan nasional di madrasah antara lain: mengikuti program bantuan pendidikan, menjadi relawan pengajar atau mentor, mendukung program literasi di masyarakat, serta mendukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan sekitar.

“Selain hari ini merupakan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023, 2 Mei 2023 ini kami jadikan momen peletakan batu pertama pembangunan Gedung Laboratorium dan Perpustakaan MAN 2 Cilacap. Untuk itu kami mohon do’a restu kepada warga madrasah dan masyarakat sekitar,” sambutan Kepala MAN 2 Cilacap Drs. Muntohar pada Upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman utama MAN 2 Cilacap.

Momentum ini semakin menunjukkan bukti upaya kongkrit madrasah dalam transformasi nilai pendidikan sebagaimana quote Ki Hajar Dewantara Ing Ngarsa sung tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Dengan pendidikan madrasah, semoga kita semua dapat terus mendukung pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga Allah SWT merihoi setiap langkah kita dalam kebaikan.

Wallahu a’lam bishawab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image