Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Astri Puspa Mawarni

Ini Dia Prospek Kerja Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Eduaksi | Thursday, 04 May 2023, 12:02 WIB
Perpustakaan Universitas Airlangga (Dokumen Pribadi)

Astri Puspa Mawarni, Mahasiswa Universitas Airlangga

Masyarakat sering kali menganggap jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan hanya sebagai penjaga perpustakaan. Faktanya, banyak prospek kerja yang menjanjikan di jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan ini. Jurusan ini tidak hanya mempelajari mengenai perpustakaan saja, tetapi juga meliputi informasi, teknologi, arsip dan manajemen. Ada beberapa kampus yang memiliki jurusan ini, salah satunya adalah Universitas Airlangga. Jurusan IIP di Universitas Airlangga masuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Jurusan ini memiliki peminat yang cukup banyak, terbukti IIP menempati posisi ke-4 peminat terbanyak di Fisip UNAIR.

Apa saja sih yang dipelajari di jurusan ini? Ternyata banyak sekali mata kuliah yang diluar ekspektasi mahasiswa yang mengira hanya mempelajari berkaitan tentang perpustakaan saja. Jurusan ini mempelajari multidisiplin ilmu, meliputi: Pengantar Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Dasar Organisasi Informasi, Pengantar Kearsipan dan Dokumentasi dan masih banyak lainnya. Jurusan ini juga mempelajari system informasi, database, multimedia dan ilmu komputer. Di jurusan ini akan belajar cara suatu instansi menyusun prosedur dan tata cara pengarsipan secara langsung dan online.

Seiring berkembangnya zaman, perpustakaan mulai bertransformasi menjadi digital. Kebutuhan informasi juga semakin meningkat. Kebutuhan informasi yang tinggi menjadikan lulusan IIP sangat dicari untuk mengelola informasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Lulusan IIP juga dibekali dengan ilmu kearsipan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh lembaga pemerintahan, organisasi maupun perusahaan. Kemudian, ketika membahas kehidupan setelah kuliah, apakah lulusan ilmu informasi dan perpustakaan hanya akan bekerja di perpustakaan saja? Tentunya tidak. Terdapat banyak prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan jurusan IPP. Berikut prospek kerja jurusan ini:

Konsultan Perpustakaan dan Informasi

Konsultan perpustakaan merupakan salah satu prospek kerja yang paling banyak untuk lulusan IIP. Konsultan perpustakaan bertugas untuk mengelola perpustakaan dan menjaga kepuasan pengunjung dalam mencari informasi. Konsultan perpustakaan dapat diibaratkan mesin pencari google, harus mampu mencari dan memberikan suatu data atau informasi secara cepat dan tepat.

Administrasi dan Kearsipan

Bekerja di bidang admintrasi dan kearsipan disebut arsiparis. Seorang arsiparis bertugas untuk mengelola data atau arsip dengan baik dan tepat, sehingga informasi yang dimiliki suatu Lembaga atau perusahaan dapat disimpan dan ditemukan dengan mudah. Arsiparis dapat bekerja di Lembaga Kearsipan pemerintah.

Akademisi

Lulusan IIP juga dapat menjadi pengajar atau dosen di program studi yang berhubungan dengan administrasi, informasi dan kearsipan. Program studi ilmu perpustakaan ini sudah banyak di Universitas di Indonesia maka peluang untuk menjadi dosen sangat besar.

Sekretaris

Lulusan IIP dapat bekerja sebagai sekretaris di perusahaan. Kemampuan mengelola arsip, membuat surat menyurat, menata dokumen dan sebagainya. Perusahaan sangat membutuhkan lulusan jurusan ini untuk mengelola datanya.

Analisis metadata

Jurusan ini juga berpeluang untuk menjadi analisis metadata. Pekerjaan ini cukup baru dan biasanya ditemukan pada perusahaan modern yang berbasisi teknologi. Tugas pekerjaan ini adalah untuk memberikan dukungan professional untuk lingkungan metadata perusahaan, membuat strategi silsilah data secara konsisten di semua domain informasi perusahaan, dan mendukung distribusi dan penggunaan metadata di seluruh perusahaan.

Perpustakaan Pemerintahan

Lulusan IIP dapat bekerja di perpustakaan pemerintah. Di setiap daerah pasti memiliki perpustakaan milik pemerintah. Perpustakaan instansi pemerintahan yang terkenal adalah Perpustakaan Nasional Republic Indonesia (PNRI). Untuk menjadi pustakawan di Instansi Pemerintahan, diwajibkan untuk mengikuti ujian tes calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Selain pekerjaan yang berhubungan dengan jurusannnya, lulusan IIP juga bisa menekuni bidang teknologi seperti menjadi programmer di startup dan perusahaan besar karena memiliki basic ilmu informasi. Terdapat juga lulusan IIP yang bekerja menjadi Data Analyst, Bidang Media Kreatif dan Periklanan dan Pemasaran.Gimana, apakah kamu tertarik untuk masuk di jurusan ini?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image