Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nadila Fitri Noviardhana

Society 5.0: Transformasi Masyarakat Menuju Society 5.0 Melalui Pemanfaatan Big Data

Teknologi | Tuesday, 02 May 2023, 16:00 WIB

Perkembangan dalam peradaban bukan lagi hal tabu untuk dibicarakan pada zaman sekarang. Para ilmuan, ahli, dan peneliti berlomba-lomba untuk bisa menciptakan perubahan maupun perkembangan yang berguna di masa mendatang. Selaras dengan era revolusi industry 4.0 yang berfokus pada kemajuan teknologi, kemudahan transaksi, maupun bersosialisasi. Dimana dunia gencar-gencarnya mengutamakan inovasi dan juga menciptakan ide baru untuk menyongsong perubahan. Tak perlu diragukan lagi bahwa revolusi industry 4.0 sedang dalam proses menginvasi seluruh lapisan dunia dan menciptakan perubahan sekaligus perkembangan untuk menjadi peradaban yang lebih maju lagi.

Source : merdeka.com

Era Society 5.0

Istilah lain yang tengah menjadi topik pembicaraan adalah era Society 5.0. Era ini diawali oleh Negara Jepang dan mulai mendapatkan perhatian dari dunia. Society 5.0 bertujuan untuk membentuk masyarakat yang lebih efisien dengan cara pembiasaan penggunaan teknologi seperti AI, IoT, dan sebagainya agar mencapai keefektifan hidup. Jika Revolusi Industri 4.0 adalah era dengan penciptaan teknologi yang semakin maju, maka Society 5.0 lebih ditekankan pada pembiasaan diri manusia untuk beradaptasi dan menggunakan teknologi yang ada. Maka hal ini dapat menjadikan manusia tidak tergerus dan tetap terintegrasi dengan kemajuan zaman.

Konsep dan Penerapan Big Data

Salah satu unsur dari kemajuan teknolgi yang digadang oleh Society 5.0 adalah Big Data. Semakin berkembangnya teknologi, semakin kompleks pula data yang tersimpan. Big data mengacu pada sekumpulan data yang sangat kompleks dan besar dengan struktur yang lebih bervariasi. Hampir seluruh aktifitas akan berkaitan dengan data, begitu pula dengan perkembangan teknologi. Konsep big data sendiri memiliki tiga ciri utama, yaitu Volume (data yang sangat besar), Velocity (pemrosesan data yang cepat), dan Variasi (keanekaragaman data).

Pemanfaatan Big Data dapat diaplikasikan di berbagai sektor maupun aspek, karena tidak dipungkiri bahwa data selalu menjadi bagian penting dalam semua penerapan aspek. Berikut adalah bentuk implementasi yang bisa dimanfaatkan pada tiap sektor untuk bisa bertransformasi di era Society 5.0.

  • 1. Sektor Pemerintahan. Pemerintah merupakan penyedia layanan publik untuk menunjang kenyamanan maupun kebutuhan masyarakat. Big data mengambil peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas dari layanan publik yang telah disediakan. Tiap layanan tentunya membutuhkan data yang lengkap dan jelas dari tiap masyarakat agar program tersebut bisa membantu masyarakat dengan sesuai sasarannya.
  • 2. Sektor Bisnis dan Industri. Bisnis dan data merupakan hal yang akan selalu terikat. Big data dapat membantu perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka. Dengan memahami tren konsumen dan perilaku pasar, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasi dan mencari cara untuk mengurangi biaya produksi. Selain itu, Big Data juga membantu mengevaluasi dan menciptakan produk terbaik bagi konsumen. Dengan mengumpulkan data tentang kebiasaan dan preferensi konsumen, perusahaan dapat merancang produk yang lebih inovatif dan relevan.
  • 3. Sektor Kesehatan. Big Data dapat diimplementasikan dalam dunia kesehatan untuk membuat keputusan dan analisis tenaga medis menjadi lebih akurat. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk pemantauan pasien, pembuatan obat baru, dan juga pengelolaan biaya kesehatan yang lebih efektif.
  • 4. Sektor Pendidikan. Big data juga dapat membantu dalam mengembangkan pendidikan yang lebih baik. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data tentang kinerja siswa, program pengajaran yang lebih efektif dapat diimplementasikan. Selain itu, big data dapat membantu dalam mengembangkan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan dan minat siswa.

Dari banyaknya manfaat Big Data dari semua sektor, hal ini menunjukkan bahwa Big Data dapat membawa perubahan dan menuntun suatu transformasi untuk menyambut era Society 5.0. Big Data dapat menciptakan perkembangan-perkembangan yang mampu diintegrasikan dengan masyarakat, dan hal ini dapat sebagai bentuk proses adaptasi terhadap setiap perubahan yang ada.

Referensi :

  1. Almeida, F. (2018) ‘Big data: Concept, potentialities and vulnerabilities’, Emerging Science Journal, 2(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.28991/esj-2018-01123.
  2. Darwin, M. (2021) ‘Book Review: Society 5.0: A people-centric super-smart society’, Populasi, 29(1), pp. 108–109. Available at: http://www8.cao.go.jp/cstp/.
  3. S. Sagiroglu and D. Sinanc, "Big data: A review," 2013 International Conference on Collaboration Technologies and Systems (CTS), San Diego, CA, USA, 2013, pp. 42-47, doi: 10.1109/CTS.2013.6567202

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image