Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah 9 Pernyataan dan 2 Harapan dari Pidato Nadiem dalam Hardiknas 2023

Info Terkini | Tuesday, 02 May 2023, 09:54 WIB
Nadiem Makarim, Mendikbudristek (foto: kemdikbud.go.id)

Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2023 yang diperingati pada 2 Mei ini, secara seremonial di berbagai sekolah, kampus, dan instansi pemerintahan, melaksanakan upacara bendera.

Salah satu agenda pentingnya adalah membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Layaknya sebuah refleksi, pidato yang disampaikan berisi pernyataan usai pelaksanaan dan harapan dari aktivitas yang telah dilaksanakan, inilah 9 pernyataan dan 2 harapan dari pidato Nadiem Makarim.

1. Selama tiga tahun terakhir, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar telah diluncurkan, yang menurut Nadim semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

2. Anak-anak atau peserta didik mampu belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

3. Para kepala sekolah dan kepala daerah dalam memantau kualitas pendidikan, dengan menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

4. Para guru atau pendidik berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

5. Dengan hadirnya Kurikulum Merdeka, guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas.

6. Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun lebih fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

7. Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program Kampus Merdeka.

8. Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

9. Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruaritinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk

mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Menurut Nadiem, melalui Gerakan Merdeka Belajar, telah tercipta sejarah baru dalam pendidikan. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita.

Apa harapannya? Berikut 2 harapan yang disampaikan Mendikbudristek.

1. Para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus kita lanjutkan, peıjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar- benamya dalam belajar dan bercita-cita.

2. Para pendidik diharapkan tetap semangat meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image