Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ADE IRMA PUSPITA SARI

KAI Sebagai Sarana Transportasi Pilihan Masyarakat Pasca Mudik Lebaran

Info Terkini | Sunday, 30 Apr 2023, 14:31 WIB

Hari Raya Idul Fitri tahun ini tidaklah terlalu berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, masih ada tradisi malam takbiran, makan ketupat, dan juga halal bihalal. Yang membedakan hari raya tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah libur lebaran kali ini tidak lagi dihadapkan pada situasi yang menakutkan, seperti pada kondisi pandemi COVID-19 tahun lalu. Lebaran kali ini diwarnai dengan padatnya sejumlah arus mudik.

Terbukti pada padatnya salah satu pembelian tiket transportasi umum untuk mudik, yaitu kereta api. Kereta api merupakan salah satu sarana trasnsportasi yang masih banyak diminati oleh sejumlah kalangan, khususnya mahasiswa. KAI dinilai lebih ekonomis dan nyaman untuk berpergian dengan membawa banyak barang. Banyak masyarakat yang sudah membeli tiket kereta api jauh hari sebelum libur hari raya ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kehabisan tiket selama libur lebaran.

Pada libur lebaran tahun ini, tiket kereta api mengalami kenaikan yang cukup drastis. Sebagian masyarakat menilai kenaikan tarif tiket kereta api ini memang selalu terjadi saat lebaran , jadi tidak perlu kaget atas kenaikannya. Bukan hanya tiket kereta api yang naik, akan tetapi harga tiket untuk transportasi lainnya juga ikut naik Tarif khusus atau yang biasa disebut dengan pembelian secara go show mengalami kenaikan yang drastis pada libur lebaran tahun ini.. Tarif khusus atau go show merupakan tarif khusus pembelian tiket kereta api sebelum dua jam keberangkatan. Pembelian tiket dengan cara ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi “KAI Acces “ dan offline di loket pembelian di stasiun keberangkatan. Berikut merupakan daftar tarif khusus DAOP 7 Madiun:

KAI juga terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan dari pemerintah. Walaupun mengalami sejumlah kenaikan tiket, KAI juga menyediakan program promo tiket kereta sejumlah 18.576 tiket melalui operasional 38 KA dengan berbagai relasi, dari 38 KA tersebut, sebanyak 27 KA diantaranya keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta , yakni Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Tarif promo diberikan mulai dari harga Rp 100.000;- untuk kelas ekonomi , Rp 150.000;- untuk kelas bisnis , dan Rp 200.000;- untuk kelas eksekutif. Promo tersebut mulai berlaku untuk pembelian dari KAI Acces mulai dari tanggal 20-31 Januari untuk keberangkatan 21 Januari – 7 Februari 2023. Masyarakat dapat segera melakukan pengecekan tiket untuk mendapatkan promo tersebut sebelum promo berhasil. Pasalnya apabila tidak mendapatkan promo, masyarakat harus membeli tiket kereta api dengan harga normal. Informasi seputar harga tiket setelah lebaran dapat diakses melalui aplikasi “ KAI Acces” dan juga akun Instagram resmi KAI. Di akun resmi KAI , masyarakat dapat mengetahui sejumlah informasi mengenai tiket , harga promo, dan hal lain seputar KAI.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image