Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siska A

Tips Dasar Penulisan Jurnal Internasional

Eduaksi | Friday, 28 Apr 2023, 22:02 WIB

Jurnal merupakan publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti. Jurnal diterbitkan dengan tujuan menyebarluaskan hasil penelitian yang berkualitas yang telah dilakukan.

Menulis jurnal internasional dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan memahami beberapa tips dan teknik, Anda dapat membuat sebuah jurnal yang kuat dan efektif. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips dasar untuk menulis jurnal internasional yang baik.

1. Pilih Topik Yang Menarik dan Relevan

Pilihlah topik yang menarik dan relevan dalam bidang Anda. Pastikan topik tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada pengetahuan yang sudah ada dan juga sesuai dengan tujuan jurnal yang akan Anda tuju.

2. Pelajari Standar Penulisan Jurnal

Sebelum memulai menulis jurnal, pelajari standar penulisan jurnal yang biasanya berbeda-beda dari satu jurnal ke jurnal yang lain. Perhatikan aturan penulisan seperti format, gaya penulisan, serta referensi dan kutipan.

3. Buat Outline Terlebih Dahulu

Sebelum mulai menulis, buatlah outline atau kerangka tulisan yang berisi ide-ide utama yang akan Anda bahas dalam jurnal. Hal ini akan membantu Anda mengatur ide-ide Anda dan memastikan bahwa tulisan Anda memiliki alur yang jelas dan mudah dipahami.

4. Buatlah Pendahuluan yang Menarik

Pendahuluan adalah bagian yang sangat penting dalam jurnal Anda. Gunakanlah pendahuluan untuk memperkenalkan topik Anda secara singkat dan menarik, serta untuk menjelaskan mengapa topik tersebut penting untuk dibahas.

5. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan kata-kata yang sulit dan jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal. Pastikan kalimat Anda mudah dipahami dan jangan terlalu panjang.

6. Jelaskan Metodologi dengan Rinci

Metodologi adalah bagian yang sangat penting dalam jurnal internasional, karena metodologi adalah cara yang Anda gunakan untuk melakukan penelitian Anda. Jelaskan metode Anda secara rinci, sehingga pembaca dapat memahami bagaimana Anda melakukan penelitian Anda dan bagaimana Anda memperoleh hasil Anda.

7. Analisis Data Secara Mendalam

Analisis data adalah bagian penting dari penulisan jurnal internasional. Jangan hanya menceritakan hasil penelitian Anda, tetapi juga jelaskan analisis yang Anda lakukan pada data tersebut. Pastikan analisis Anda mendalam dan terperinci.

8. Buat Kesimpulan yang Kuat

Kesimpulan adalah bagian akhir dari jurnal Anda, sehingga Anda perlu membuat kesimpulan yang kuat dan ringkas. Jangan hanya meringkas hasil penelitian Anda, tetapi jelaskan juga kontribusi penelitian Anda terhadap bidang pengetahuan yang sudah ada.

9. Periksa Kembali dan Edit Tulisan Anda

Sebelum mengirimkan jurnal Anda, pastikan untuk memeriksa kembali dan mengedit tulisan Anda. Periksa kesalahan tata bahasa, ejaan, dan format. Jangan lupa untuk memeriksa referensi dan kutipan Anda.

Dalam menulis jurnal internasional, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti topik yang menarik dan juga sumber rujukan yang digunakan harus berkualitas dan terpercaya. Jurnal internasional pastinya memiliki kriteria-kriteria khusus dalam penulisannya, sehingga dalam publikasi jurnal internasional harus memperhatikan kriteria khusus penulisan jurnal internasional.

Semoga tips dasar dalam menulis jurnal internasional yang telah dibahas diatas dapat membantu Anda dalam menulis jurnal internasional yang berkualitas. Semoga membantu kawan-kawan penulis!!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image