Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Anti Buncit-Buncit Club! 5 Cara Diet Abis Lebaran

Gaya Hidup | Thursday, 27 Apr 2023, 17:05 WIB

Momen idul fitri rasanya sulit untuk menolak makanan, apalagi kalau tak menyantap opor ayam, rendang, hingga kue-kue khas lebaran yang lezat. Rasa bahagia saat kumpul bersama keluarga, membuat kita lupa mengontrol asupan makanan.

Doc: Rifa Al Afgani / PT Rumbaka

Tak heran, setelah lebaran memicu kenaikan berat badan. Karena sebagian besar makanan mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi. Jika tidak dikontrol dengan baik, tubuh bisa melebar.

Untuk mengembalikan berat badan pasca lebaran, berikut ada tips yang bisa kalian coba lho.

1. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan kalori yang tinggi

Pastikan kebutuhan kalori harian Anda cukup yang sesuai dengan berat badan, tinggi, dan aktivitas. jangan terlalu banyak konsumsi makanan berlemak. Biasanya kebutuhan kalori untuk wanita sekitar 1200-1500 kalori, sedangkan pria sedikit lebih banyak 1500 - 1800 kalori. Sebisa mungkin, hindari makanan olahan atau siap saji yang mengandung gula dan lemak yang tinggi.

2. Minum air yang cukup

Asupan air atau cairan yang cukup bisa membantu Anda mengatasi rasa lapar yang terus menerus. Air putih sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Cobalah minum air minimal 8 gelas perhari atau lebih jika Anda berada di daerah yang lebih panas. Tak hanya air, cairan lain bisa didapat dari konsumsi buah-buahan.

3. Perbanyak makanan berserat

Jangan remehkan peran sayuran untuk mengembalikan berat badan yang ideal, kandungan serat yang tinggi dalam sayuran punya fungsi melancarkan proses pencernaan. Saat mengonsumsi banyak serat juga membantu menekan keinginan untuk makan secara berlebih. Selain sayur, opsi lain bisa menjadi pilihan seperti oatmeal, kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah.

4. Atur lagi porsi makan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan pasca lebaran tentu mengatur pola makan, perhatikan makanan yang dikonsumsi. Jangan lewatkan sarapan, makan siang dan makan malam. Jika melewati waktu makan, maka gula darah dalam tubuh tidak stabil dan membuat kita mudah merasa lapar. Hal itu juga kurang baik bagi kesehatan tubuh.

5. Rutin berolahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk membakar kalori dan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Cukup rutinkan jogging selama 30 menit atau jalan santai kurang lebih 45 menit tanpa berhenti. Setelahnya, Anda bisa latihan yang lebih intens atau berat. Sesuaikan jenis olahraga yang Anda sukai, lakukan secara berulang untuk mendapat hasil yang maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image