Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Trisna Pramudita Puryatna

BuTik, Wujud Pelestarian Budaya Berbatik di Indonesia Bersama FKM Universitas Airlangga

Edukasi | Thursday, 27 Apr 2023, 15:36 WIB
sumber : instagram.com/bemfkmunair/

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Di Indonesia, batik memiliki berbagai motif atau corak yang mengandung makna filosofis berbeda tergantung daerah.

Pada 2 Oktober 2009, batik ditetapkan sebagai Indonesian Cultural Heritage yaitu warisan budaya tak benda oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organisation (UNESCO). Banyak kejadian batik di klaim oleh negara lain padahal sudah diakui UNESCO, hal ini perlu ditindaklanjuti. Sebagai mahasiswa, bagaimana cara menanggapi hal tersebut?

BuTik (Rabu Berbatik) merupakan kegiatan menggunakan batik setiap Rabu di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai kampanye wujud cinta mahasiswa terhadap Indonesia dengan menggunakan batik terbaik. Batik yang digunakan bisa sebagai atasan berupa kemeja, outer, maupun bawahan berupa celana, rok, atau kain jarik.

Penggunaan batik ini berdasarkan kenyamanan dan kekreatifan mix and match outfit mahasiswa. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga ikut serta melakukan pelestarian budaya berbatik Indonesia sebagai wujud cinta tanah air.

Sejauh ini, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga sudah banyak menggunakan batik tiap Rabu dengan perpaduan pakaian yang berbeda-beda. Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat tidak malu memakai batik, bahkan terlihat percaya diri.

Kini, semakin banyak mahasiswa yang menggunakan batik. Hal tersebut merupakan suatu kemajuan dalam mengembalikan kampanye kecintaan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat terhadap budaya Indonesia, terutama batik.

Dengan adanya kegiatan BuTik (Rabu Berbatik) yang turut berkontribusi dalam pelestarian warisan budaya Indonesia ini memiliki manfaat terhadap kehidupan sosial budaya. Manfaat sosial dari kegiatan tersebut adalah dengan mengunggah foto kegiatan di media sosial, hal ini menyebabkan banyak masyarakat luas tau bahwa kita juga harus berkontribusi dalam pelestarian batik. Manfaat budaya dari kegiatan tersebut adalah batik menjadi lumrah digunakan untuk kegiatan sehari-hari, bukan lagi hanya untuk acara formal sehingga membantu melestarikan batik kepada masyarakat luas terutama sekitar Universitas Airlangga.

Ayo, lestarikan batik Indonesia dengan caramu sendiri!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image