Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tuti Setiawati Pratiwi

Bipolar dan Mood Swing itu berbeda

Eduaksi | Thursday, 27 Apr 2023, 09:07 WIB

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati, energi, tingkat aktivitas, konsentrasi, serta kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mengalami perubahan perasaan yang awalnya sangat gembira bisa tiba-tiba berubah menjadi sedih atau putus asa. Gangguan bipolar ini adalah kondisi seumur hidup. Artinya, gangguan kesehatan mental ini tidak bisa disembuhkan seutuhnya. Meski begitu, gejalanya bisa dikelola dengan baik melalui terapi dan pengobatan.

Sementara mood swing adalah perubahan mood atau suasana hati yang jelas atau terlihat. Tadinya merasa senang lalu menjadi sedih dalam waktu cepat. Jadi mudah tersinggung. Cenderung berperilaku impulsive.

Jadi teman-teman mood swing dan bipolar itu berbeda yah. Apa sih yang membedakannya? Jadi teman-teman kenapa saya bilang berbeda karena, mood swing itu terjadi dalam waktu tertentu saja atau perubahan emosi,sesekali muncul karena adanya faktor pemicu atau penyebabnya. Nah sedangkan bipolar ini merupakan suatu gangguan atau penyakit mental pada diri seseorang yang membuat pengidapnya mengalami perubahan emosi yang sangat eksream dari yang awalnya itu bersemangat sekali tiba-tiba mengalami sedih yang luar biasa. tanpa sebab. Kemudian mood swing mudah sekali diatasi misalnya dengan relaksasi atau mungkin dengan meditasi disaat itu juga.Berbeda dengan bipolar, karena bipolar ini suatu gangguan kesehatan jiwa maka ada perlu penanganan langsung dalam artian ketika ada perasaan mood perasaan hati bahkan keinginan menyakiti diri sendiri jangan ragu untuk segera ke psikolog atau psikiater untuk dilakukan diangnosa atau penangan yang tepat.

BY: Tuti Setiawati Pratiwi

Jurusan D3 kebidanan POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image