Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shafira Adlina

Tips Agar Konten Menarik, Biar Cuan Ngalir Terus

Lomba | Wednesday, 26 Apr 2023, 13:57 WIB
Ilustrasi konten kreator (olahan pribadi)

Jika kamu ingin menjadi konten kreator yang bisa menghasilkan cuan, maka pastikan kamu harus membuat konten yang menarik. Nah, masalahnya di sini adalah bagaimana cara agar konten kamu menarik dan bisa menghasilkan keuntungan? Di zaman sekarang, menjadi content creator bisa dibilang sebagai salah satu profesi baru yang cukup menjanjikan.
Bahkan tidak jarang orang-orang memilih untuk menjadi content creator dan resign dari pekerjaan lamanya. Ini karena peluang profesi pembuat konten ini menghasilkan beberapa keuntungan, seperti cuan alias keuntungan baik materi maupun ketenaran. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk bikin konten jadi menarik?
Tips Bikin Konten Menarik
Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk membuat konten jauh lebih menarik dan menghasilkan.

1. Membuat Konten Original
Hal pertama yang bisa kamu terapkan adalah dengan mulai membuat konten yang original. Konten-konten original yang dibuat oleh para kreator di sosial media biasanya cukup laku. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan audience luar negeri dengan konten orisinil yang kamu buat.
Namun memang tidak mudah untuk bisa bikin konten yang benar-benar original. Kamu perlu lakukan riset konten terlebih dahulu. Bahkan biasanya riset harus dilakukan secara mendalam untuk menemukan konten yang tepat dan ori. Meski ingin membuat konten orisinal, namun perhatikan juga tren yang sedang berjalan belakangan ini. Ini untuk membuat konten bisa tersalurkan dengan tepat dan juga mudah diingat serta tidak gampang dilupakan begitu saja.
Konten-konten original biasanya punya kualitas yang bagus. Jadi kemungkinan besar lebih mudah untuk menyaingi para kompetitor atau sesama konten kreator.

2. Lakukan Riset Keyword
Kamu perlu juga untuk melakukan riset keyword, jika sedang mencari ide konten-konten original yang ingin dibuat. Riset biasanya memudahkan kamu untuk bisa menemukan ide konten yang menarik.
Tidak hanya dengan melakukan riset secara manual, kamu juga bisa menggunakan berbagai tools untuk riset kata kunci ini. Adapun saat riset kata kunci, kamu bisa memanfaatkan tools gratis dan juga berbayar. Setelah mendapatkan banyak kata kunci, pastikan lakukan filter dan riset satu persatu untuk mendapatkan kata kunci yang paling tepat.

3. Perhatikan Pembuatan Judul
Konten orisinil yang kamu buat penting juga diimbangi dengan pembuatan judul yang menarik. Pastikan kamu membuat judul yang kuat karena judul adalah hal utama yang bisa menarik perhatian para audience.
Dikutip dari Dotnexdigital.com, statistik dari Copyblogger menunjukkan bahwa 80% orang lebih membaca headline atau judul dan sisanya 20% membaca konten yang kamu buat. Jadi artinya bahwa orang-orang memang melihat judul terlebih dahulu, kalau menarik baru melihat isi konten sampai selesai.
Tetapi perhatikan pula bahwa membuat headline yang kuat harus diimbangi dengan isi konten yang kuat juga. Karena di sini kamu sebagai content creator yang ingin menghasilkan cuan harus memiliki konten original dan kualitasnya bagus.

4. Ikuti Challenge Yang Sedang Tren
Saat ini ada banyak sekali challenge yang beredar di sosial media, challenge atau tantangan tersebut sebenarnya lebih mudah untuk membuat kamu bisa dapat ide konten yang menarik dan sedang trend. Namun kamu perlu menyaring challenge apa yang bisa dijadikan konten. Jangan sampai kamu memilih konten yang memiliki nilai negatif, karena bisa-bisa hal tersebut jadi bumerang untuk kamu.
Perlu diketahui bahwa mengikuti tren challenge jadi salah satu cara yang paling mudah untuk bikin kamu dikenal banyak orang. Untuk kamu content creator pemula, maka bisa coba untuk mengikuti tips satu ini. Imbangi juga dengan penggunaan tagar yang relevan dengan video konten foto yang kamu unggah, agar bisa menemukan audiensi yang lebih luas.

5. Manfaat Aplikasi Editing
Saat ini untuk bikin video atau foto menarik untuk konten juga lebih mudah dibanding zaman dahulu. Karena kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi editing yang cara penggunaannya juga sangat mudah. Bahkan hanya bermodalkan smartphone kamu sudah bisa menggunakan aplikasi editing tersebut untuk edit video ataupun foto.
Kamu bisa gunakan satu dari banyaknya pilihan aplikasi editing yang sedang trend. Dengan aplikasi tersebut juga memudahkan kamu untuk edit konten sesuai dengan trend saat ini. Namun pastikan juga tingkatkan kreativitas kamu agar konten yang dihasilkan dari edit konten tersebut punya keunikan atau ciri khas.

6. Menciptakan Engaging Content
Ini tadi tentu ada hubungannya dengan membuat konten original. Konten yang menarik audience adalah sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya. Misalnya, konten kamu harus membuat pembaca bertanya-tanya, memiliki kalimat pengantar yang mengesankan dan orang-orang menyukai cerita yang ada di dalamnya.
Pastikan pula membuat konten yang menarik orang-orang untuk berkomentar. Ini agar mesin pencari menganggap postingan kamu penting dan akan selalu muncul di halaman 'explore', jika kamu membuat konten di sosial media Instagram misalnya.


Itu tadi beberapa tips untuk bikin konten yang menarik dan menghasilkan cuan. Kamu yang ingin kontennya semakin dikenal oleh masyarakat luas dan mendapatkan keuntungan dari konten bisa coba ikuti lomba konten IndiHome, Content Creation Competition (3C) dengan tema Berkonten Ria Bersama IndiHome.
Ajang kompetisi pembuatan konten ini memberikan kesempatan untuk kamu para content creator menunjukkan kreasi dengan konten positif. Tidak tanggung-tanggung, total hadiah yang bisa kamu dapatkan adalah senilai Rp165.000.000 untuk 30 karya konten terbaik.
Lomba satu ini tidak hanya bisa diikuti di satu bidang konten saja karena terdapat dua kategori lomba yaitu konten tulisan untuk blogger dan jurnalistik serta content visual untuk creator konten video dan foto. Kamu yang berminat mengikuti lomba bergengsi ini bisa mendaftarkan karya, mulai tanggal 26 April hingga 13 Mei 2023. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi situs resminya ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image