Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Mau Mudik Aman dan Nyaman? Yuk Ikuti 6 Tips Ini!

Info Terkini | Thursday, 20 Apr 2023, 09:57 WIB

TANGSEL. – Idulfitri menjadi momentum bagi masyarakat untuk melakukan tradisi mudik atau pulang kampung di Indonesia, banyak yang melakukan perjalanan antara dua sampai satu hari sebelum Hari Raya.

[ Ilustrasi Mudik / Doc Freepick ]

Sebelum mudik, pengendara disarankan untuk melakukan perencanaan atau persiapan yang matang. Rencana ini menyangkut banyak hal dan 6 tips mudik ini bisa digunakan untuk menunjang kelancaran mudik yang aman dan nyaman.

1. Pastikan Keuangan Mudik Cukup

Buat sejumlah pos pengeluaran yang diperlukan selama mudik, pastikan terhindar dari risiko finansial setelah mudik. Pertimbangkan biaya transportasi, konsumsi, serta operasional lain yang sifatnya wajib dan tidak wajib, seperti THR, oleh-oleh atau hal lain.

2. Periksa Keamanan Berkendara

Bagi yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, sebaiknya cek terlebih dahulu kesiapan berkendara seperti mesin, oli, kaca, hingga cadangan ban dan komponen lainnya. Khusus pengendara motor, pastikan gunakan keamanan berkendara seperti jaket, helm, masker dan sarung tangan.

3. Tidak Membawa Barang Berlebihan

Buatlah mudik menjadi perjalanan yang menyenangkan walaupun dikelilingi kemacetan, salah satu bentuk kenyamanan dengan membawa barang secukupnya. Jika dirasa banyak barang selain baju yang ingin dibawa, sebaiknya bisa dikirim dengan jasa pengiriman dari jauh hari sebelumnya.

4. Pastikan Rumah Aman Selama Mudik

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan Anda mencabut segala peralatan elektronik yang tidak digunakan untuk mencegah korsleting. Nyalakan lampu penerangan seperlunya, seperti di teras atau bagian rumah sisi depan. Isi tagihan listrik untuk menghindari listrik padam dan jangan lupa lapor RT setempat atau titip pada tetangga yang tidak bepergian.

5. Pilih Moda Transportasi Yang Nyaman

Pastikan moda transportasi yang digunakan sesuai dengan budget mudik yang tersedia, rute mudik, serta jarak dan waktu tempuh. Anda bisa pastikan bahwa transportasi yang dipilih memudahkan dan nyaman untuk Anda.

6. Menjaga Kondisi Kesehatan Tubuh

Kondisi yang sehat menjadi poin utama dalam persiapan mudik, konsumsi air putih dan tidur yang cukup sebelum berangkat. Manfaatkan pos kesehatan atau rest area yang tersedia jika membawa kendaraan pribadi. Jangan lupa perbanyak konsumsi sayur buah dan multivitamin tambahan seperti Gizidat, yang mampu membantu daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit selama mudik.

Semoga beberapa tips ini bisa membantu Anda menjadi lebih aman dan nyaman selama melakukan perjalan, semoga sampai tujuan dan hati-hati di jalan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image