Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak

Laksanakan Perintah Undang undang, Rutan Demak Upayakan Pemenuhan Kesehatan Yang Layak

Info Terkini | Monday, 10 Apr 2023, 23:22 WIB
Tim Humas Rutan Demak

DEMAK- Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan menyatakan bahwa salah satu penyelenggaraan fungsi pemasyarakatan adalah perawatan kepada warga binaan pemasyarakatan. Dalam pasal 60 ayat 2 UU No. 22 Tahun 2022 menyebutkan, perawatan yang dimaksud meliputi pemeliharaan kesehatan, rehabilitasi, dan pemenuhan kebutuhan dasar.

Dalam hal pemeliharaan kesehatan, Rutan Demak selalu mengupayakan kualitas pelayanan kesehatan kepada warga binaan terus ditingkatkan. Hal ini dilakukan agar pemenuhan kesehatan yang layak untuk warga binaan dapat terpenuhi.

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah kini memiliki sebuah Klinik resmi setelah mendapatkan izin operasional dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Demak. Kabar ini disampaikan oleh Kepala Rutan Demak, Riski Burhannudin pada hari Senin (10/04/2023).

Keberadaan Klinik ini merupakan upaya dari pihak Rutan Demak untuk memenuhi hak warga binaan pemasyarakatan dalam memperoleh layanan kesehatan yang layak. Dengan adanya klinik ini, diharapkan kesehatan narapidana di Rutan Demak dapat lebih terjaga dan dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit di dalam Rutan.

Proses pengajuan izin operasional klinik di dalam Rutan Demak sendiri tidaklah mudah. Riski Burhannudin menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait dan pemenuhan administrasi perizinan operasional Klinik.

“Jauh-jauh hari kami telah melakukan pemenuhan persyaratan terkait izin Klinik ini, dari mulai persyaratan adanya Dokter penanggung jawab, Apoteker, dan persyaratan dokumen lainnya. Selain itu, kami juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait”, ujar Riski Burhannudin.

Capaian ini tentunya berkat dukungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Puskesmas Demak I, Puskesmas Demak III, dan khususnya Dokter Nur Aini Ayu Meiliawati yang berkenan menjadi dokter penanggung jawab Klinik Rutan Demak.

Diakhir sambutan, Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam menyukseskan perolehan izin Klinik Rutan Demak

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image