Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Nabilah

MBKM Sukses Tingkatkan Soft Skills Mahasiswa Melalui Merdeka Belajar

Eduaksi | Monday, 10 Apr 2023, 21:20 WIB

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), universitas swasta yang berada di Kota Semarang. Meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan Meningkatkan Soft Skills mahasiswa. MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam Mengembangkan kreativitas, komunikasi, kememimpinan dan minat karir mahasiswa juga mempersipkan mereka untuk menghadapi dunia kerja.

Penelitian yang dilakukan oleh Joko Kuncoro, Agustin Handayani, dan Titin Suprihatin pada mahasiswa Program Studi Psikologi sebanyak 64 mahasiswa MBKM dan 65 mahasiswa Non MBKM. Tujuan dari penelitian tersebut untuk mengetahui perbedaan kemampuan soft skills dari keduanya.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya beberapa perbedaan soft skills mahasiswa MBKM dan Non MBKM. Hasil penelitian tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan dari seluruh kategori soft skills antara mahasiswa MBKM dan Non MBKM. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan yang nyata pada kemampuan mahasiswa MBKM dan non MBKM.

Namun, pada aspek kepemimpinan ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara mahasiswa MBKM dan Non MBKM. Perbedaan ini sesuai dengan tujuan dari program MBKM, yaitu meningkatkan kompetensi lulusan MBKM baik hard skills maupun soft skills yang relevan dengan kebutuhan zaman dan menyiapkan mahasiswa lulusan sebagai pemimpin masa depan. Keikutsertaan mahasiswa pada program MBKM dapat meningkatkan kemampuan dan keterlibatan mahasiswa dalam pengambilan keputusan, membimbing, memberikan contoh dan mampu berinteraksi sosial secara positif dengan orang lain jika dibandingkan dengan mahasiswa Non MBKM.

Program MBKM baru dilaksanakan pada tahun akademik 2021-2022 atau baru berjalan selama satu semester pada saat penelitian ini berlangsung. Sehingga pada hasil analisis statistik, peneliti tidak menunjukkan perbedaan antara mahasiswa MBKM dan Non MBKM pada bidang soft skills komunikasi, karir kolaborasi dan inovasi. Sehingga dampak dari program MBKM ini belum terlihat pada seluruh aspek soft skills mahasiswa.

Selain itu, pandemi juga berpengaruh pada pelaksanaan MBKM. Adanya keterbatasan yang dialami saat pelaksanaan MBKM yaitu keterlibatan mahasiswa dan pihak terkait dalam pelaksaan MBKM yang secara tidak langsung tidak seleluasa dilaksanakan secara luring. Pengalaman belajar mahasiswa secara collaborative learning juga tidak berjalan secara maksimal.

Sumber: Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi: Jurnal Psikologi, 17(1), 112-126.

MBKM Kampus Merdeka

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image