Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Setyawan

Keberkahan Bulan Ramadhan

Agama | Monday, 10 Apr 2023, 13:41 WIB

Tanpa terasa ramadhan sebentar lagi akan memasuki sepuluh malam terakhir, namun sekolah masih melakukan aktivitas nya. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh setiap sekolah yaitu kegiatan pesantren ramadhan dan tentunya dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

Kegiatan pembukaan pesantren ramadhan ( Dokumen pribadi )

SMP Negeri 42 Jakarta sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan pesantren ramadhan selama empat hari dengan berbagai bentuk kegiatan sebagai upaya pembinaan spiritual bagi siswa dan tentunya sebagai usaha memaksimalkan ramadhan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Dalam kegiatan pesantren ramadhan di hari pertama seluruh siswa melakukan kegiatan sholat dhuha berjamaah yang pimpin oleh ust soleh selaku guru agama islam dan setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan alquran juz 30 secara bersama-sama. Selanjutnya kegiatan diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan kegiatan ramadhan secara resmi oleh kepala SMPN 42 Jakarta Bapak H. Sihabudin, S.Pd. beliau berpesan kepada seluruh siswa untuk tetap bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan dan harapannya semoga hasil kegiatan ini dapat berdampak positif dari seluruh siswa.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian ceramah ramadhan yang disampaikan oleh ust slamet mubarok, S.Pd. yang mengambil tema keberkahan ramadhan. Ada lima hal sebagai bentuk keberkahan ramadhan yang ini tidak dimiliki oleh bulan lain. Yang pertama bulan ramadhan ini merupakan bulan lahirnya alquran yang biasa kita kenal dengan istilah nuzulul quran yang banyak diperingati oleh kaum muslimin.

Yang kedua diantara keberkahan ramadhan yaitu dilipat gandakan pahala bagi kita yang melaksanakan berbagai ibadah didalam bulan ramadhan. Selanjutnya ust Slamet membacakan berbagai ayat sebagai dalil dari apa yang disampaikan dan diselingi dengan sholawat agar siswa tetap semangat dalam melanjutkan kegiatan. Selanjutnya keberkahan lainnya yang hanya ada dibulan ramadhan yaitu turunnya malam lailatul qadar yaitu satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan yang terakhir salah satu keberkahan di bulan ramadhan yaitu adanya sholat malam atau tarawih sholat yang hanya ada dibulan ramadhan.

Kegiatan ramadhan ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi klasikal yang disampaikan oleh bapak dan ibu wali kelas masing-masing dan terakhir ditutup dengan sholat dzuhur berjamaah. Selain kegiatan pesantren ramadhan SMPN 42 Jakarta juga mengadakan lomba-lomba islami dan menyalurkan zakat fitrah.

Berbagai kegiatan diatas dapat terlaksana dengan baik tentunya karena adanya Kerjasama dari berbagai pihak baik itu guru dan yang terpenting dukungan dari orang tua sehingga anaknya dapat melakukan kegiatan dengan baik. ***

Hery Setyawan, M.Pd. ( Guru SMPN 42 Jakarta )

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image