Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tulis Aja

Daftar Beasiswa Luar Negeri untuk yang Sudah Menikah

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 08 Apr 2023, 11:51 WIB
Sumber: Unsplash

Daftar Beasiswa Luar Negeri untuk yang Sudah Menikah

Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah impian banyak orang. Bukan hanya karena pengalaman berharga yang akan didapatkan, tetapi juga karena prestise dan pengakuan internasional yang diberikan oleh universitas terkemuka di seluruh dunia. Namun, mendapatkan beasiswa di luar negeri bukanlah hal yang mudah.

Apalagi mungkin Anda yang saat ini sudah menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan beasiswa luar negeri tapi tidak juga kunjung mendapatkannya. Bahkan mungkin juga saat ini Anda sudah melepas masa lajang Anda.

Tapi tak perlu khawatir, buat Anda yang saat ini sudah menikah atau berkeluarga, Anda masih berhak untuk mendapatkan beasiswa luar negeri yang Anda impi-impikan. Tak perlu khawatir soal biaya, karena berikut ini Anda akan kami suguhkan daftar beasiswa luar negeri untuk Anda yang sudah menikah.

Tapi mungkin sebelum itu, ada baiknya Anda mengulas kembali apa saja persiapan utama untuk mendapatkan beasiswa luar negeri tersebut. Bagi Anda yang tadi sudah menunggu bertahun-tahun tapi tak kunjung juga mendapatkannya wajib untuk menyimak semua persyaratan penting untuk mendapatkan beasiswa luar negeri berikut ini.

Persiapan Utama untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Tentukan Jenis Beasiswa

Ada berbagai jenis beasiswa luar negeri yang ditawarkan, seperti beasiswa pemerintah, beasiswa universitas, atau beasiswa swasta. Setiap jenis beasiswa memiliki persyaratan dan kriteria yang berbeda. Pastikan untuk mengetahui jenis beasiswa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Dan yang paling penting, program beasiswa tersebut mendukung kebutuhan Anda yang sekiranya memperbolehkan Anda untuk membawa pasangan atau keluarga.

Persiapkan Dokumen-dokumen Penting

Berkas-berkas dan dokumen-dokumen penting seperti transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, surat rekomendasi, dan proposal penelitian harus dipersiapkan dengan baik. Pastikan bahwa semua dokumen terkait dengan aplikasi beasiswa diisi dengan benar, tepat, dan jelas. Yang terpenting lagi, pastikan semua berkas tersebut masih berlaku, khususnya sertifikat bahasa Inggris.

Sertifikat bahasa Inggris yang diminta oleh penyedia beasiswa tersebut juga harus Anda sesuaikan, apakah mereka meminta sertifikat TOEFL atau IELTS. Lalu pastikan kembali apakah skor Anda sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Jika tidak sediakanlah waktu Anda untuk kursus IELTS atau TOEFL lagi demi mendapatkan skor sertifikat bahasa Inggris yang tinggi dan sesuai.

Cari Tahu Informasi Beasiswa

Informasi mengenai beasiswa luar negeri sangat penting untuk diketahui. Biasanya, informasi tersebut bisa didapatkan dari situs web resmi lembaga pemerintah atau universitas, serta melalui media sosial atau grup diskusi di platform seperti Facebook atau LinkedIn. Anda juga bisa bertanya langsung kepada kantor pusat atau perwakilan universitas di negara tujuan studi. Atau skip bagian ini dan langsung intip daftar beasiswa luar negeri untuk Anda yang sudah menikah di bawah ini!

Persiapkan Wawancara

Menurut pengalaman dari beberapa pejuang beasiswa yang masih gagal dalam mendapatkan beasiswa adalah karena poin yang satu ini. Beberapa lembaga atau universitas biasanya akan mengadakan wawancara dengan calon penerima beasiswa. Siapkan diri Anda dengan baik dengan mempelajari lebih dalam mengenai program studi yang Anda pilih, serta kemampuan dan minat Anda yang relevan dengan program tersebut. Pastikan juga bahwa Anda berpenampilan rapi dan sopan saat wawancara berlangsung. Dan yang lebih penting lagi adalah, asah kemampuan Anda dengan lebih ekstra lagi untuk menghadapi sesi wawancara dalam bahasa Inggris, kuasai kemampuan tersebut! Ingat, ini adalah beasiswa ke luar negeri!

Jangan Pernah Menyerah

Persiapan dan proses untuk mendapatkan beasiswa luar negeri membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Apalagi bagi Anda yang sudah berulang kali mencoba dari saat Anda lajang hingga menikah (hehe). Namun, jangan pernah menyerah meskipun menghadapi rintangan atau kegagalan. Teruslah mencari dan menerapkan untuk berbagai jenis beasiswa yang ada. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan dan prestasi Anda seperti pada poin-poin di atas tadi.

5 Daftar Beasiswa Luar Negeri untuk yang Sudah Menikah

Sekarang saatnya Anda catat 5 daftar beasiswa luar negeri ini, karena beasiswa-beasiswa ini sangat cocok untuk Anda yang sudah menikah namun masih belum puas jika belum bisa mewujudkan cita-cita Anda. Berikut daftar beasiswa tersebut:

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

BPI merupakan program beasiswa hasil kerjasama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kemdikbud Ristek. Beasiswa ini mendanai program bergelar (degree) dan program non-gelar (non-degree). Beasiswa ini terbuka untuk S1/D4, S2 single-degree, S2 double/joint degree, S3 single degree dan S3 double degree.

Cakupan Beasiswa:

· Biaya kuliah

· Tunjangan buku

· Dana pendaftaran

· Bantuan seminar internasional

· Bantuan publikasi jurnal internasional

· Bantuan penelitian tesis/disertasi

· Dana keadaan darurat

· Dana tunjangan keluarga (untuk S3)

· Visa

· Asuransi kesehatan

· Biaya hidup bulanan

· Dana transportasi

Persyaratan Umum:

· Ijazah

· IPK minimal 3.25

· LoA Unconditional

· Surat rekomendasi

· TOEFL iBT 80/PTE Academic 5.8/IELTS 7.0

· Untuk info lebih lanjut kunjungi: beasiswa.kemdikbud.go.id

2. Beasiswa LPDP

Siapa yang tidak tahu tentang program beasiswa ini. Salah satu program beasiswa LPDP yaitu beasiswa studi S2 dan S3 di berbagai universitas yang ada di berbagai negara (sesuai dengan ketentuan LPDP).

Cakupan Beasiswa:

· Biaya pendaftaran

· Biaya kuliah penuh

· Biaya penelitian

· Tunjangan seminar internasional

· Biaya publikasi jurnal internasional

· Tunjangan buku

· Biaya transportasi

· Visa

· Tunjangan bulanan

· Asuransi kesehatan

· Dana kedatangan

· Tunjangan keadaan darurat

· Tunjangan keluarga (untuk S3)

Persyaratan Umum:

· Ijazah

· IPK minimal 3.25

· LoA Unconditional

· Surat rekomendasi

· TOEFL iBT 94/PTE Academic 65/IELTS 7.0

· Untuk info lebih lanjut kunjungi: lpdp.kemenkeu.go.id

3. Beasiswa DAAD EPOS

DAAD EPOS merupakan beasiswa penuh untuk kuliah S2 dan S3 di Jerman. Beasiswa ini menawarkan berbagai bidang studi yang berada di bawah naungan Bonn International Graduate School for Development Research (BIGS-DR).

Cakupan Beasiswa:

· Biaya kuliah penuh

· Tunjangan bulanan

· Tunjangan perjalanan

· Tunjangan akomodasi

· Asuransi kesehatan dan kecelakaan

· Biaya kursus bahasa Jerman selama 6 bulan

· Tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani (pada situasi tertentu)

Persyaratan Umum:

· Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun

· Statement of motivation

· Surat rekomendasi

· Ijazah legalisir

· Sertifikat kemampuan bahasa Inggris dan Jerman

· Info lengkap: bit.ly/daadEPOS

4. Gates Cambridge Scholarship

Beasiswa ini merupakan program beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 yang didanai oleh Bill Gates dan Melinda Gates Foundation. Beasiswa ini ditawarkan untuk semua program studi yang ada di University of Cambridge, UK.

Cakupan Beasiswa:

· Biaya kuliah penuh

· Tunjangan hidup £18,744 per tahun

· Tiket pesawat PP

· Biaya visa

· Pendanaan pengembangan akademik mulai £500-£2,000

· Tunjangan keluarga £10,944-£15,612

· Pendanaan Maternity/Paternity

· Pendanaan kesulitan

Persyaratan Umum:

· Proposal penelitian

· TOEFL iBT 110/IELTS 7.5

· Surat rekomendasi (minimal 2)

· CV atau resume

· Info lengkap: https://www.gatescambridge.org

5. British Coucil for Women in STEM

Ini adalah beasiswa khusus perempuan yang digagas oleh British Council dengan 26 universitas di Inggris. Beasiswa ini menyasar perempuan yang ingin melanjutkan pendidikan S2 di bidang STEM.

Cakupan Beasiswa:

· Biaya kuliah

· Tunjangan hidup

· Biaya perjalanan

· Biaya pembuatan visa

· Asuransi kesehatan

· Biaya kursus bahasa Inggris

· Biaya dukungan untuk Ibu

Persyaratan Umum:

· Wanita

· Ijazah

· Sertifikat kemampuan bahasa Inggris

· Bersedia kembali ke negara asal

· Info lengkap: bit.ly/british-STEM

Nah itulah tadi daftar beasiswa luar negeri untuk Anda yang sudah menikah, baik pria maupun wanita. Sekali pastikan bahwa Anda masih ingin mewujudkan mimpi Anda untuk kuliah di luar negeri dan pastikan juga kali ini usaha Anda akan terasa lebih ringan karena Anda tentunya sudah mendapatkan banyak dukungan dari pasangan maupun keluarga Anda. Selamat berjuang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image