Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dina Fianty Luthfiyah

Yuk Intip Tradisi dan Kebudayaan Ramadhan di Sumatera Utara!

Info Terkini | Thursday, 06 Apr 2023, 20:47 WIB

Bulan suci Ramadhan selalu menjadi bulan yang dinanti-nanti kaum muslimin, banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut Ramadhan seperti menjaga kesehatan agar bisa memaksimalkan puasa dan melakukan ibadah lainnya. Selain itu, kegiatan-kegiatan sosial dan tradisi juga tak luput dilakukan di bulan Ramadhan seperti punggahan, buka bersama, berbagi takjil serta buka puasa bersama di masjid-masjid terdekat.

Tentunya masjid-masjid yang menyediakan menu untuk buka bersama selama bulan Ramadhan sudah menjadi hal biasa atau tradisi yang melekat, contohnya saja Masjid Raya Aceh Sepakat di Sumatera Utara yang menyediakan menu khas yaitu kari kambing dan bubur kanji. Selain itu, di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan terdapat Ramadhan Fair yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Kota Medan, pasalnya event ini sudah 3 tahun tidak dilaksanakan dan akhirnya dibuka kembali di tahun ini dengan harapan dapat mengobati rasa rindu masyarakat.

Selain itu, terdapat pula tradisi Mandi Pangir di Kota Asahan, Sumatera Utara yang mana Mandi Pangir atau Marpangir ini merupakan tradisi mandi pandan. Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Kota Asahan setiap menjelang Ramadhan dan dilakukan sehari sebelum masuk bulan Ramadhan. Itulah serba-serbi Ramadhan di Sumatera Utara, harapannya berbagai kegiatan dan tradisi yang dilakukan dapat mempererat tali silaturahmi dan juga sebagai penyemangat di bulan suci Ramadhan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image